Politik

Persentase Respon Interaksi Publik, BAILEO Ungguli SANTUN Dan HEBAT

Murad Barnabas

AMBON, MALUKU – Data sementara yang dimiliki Lembaga Survei Parameter Konsultindo Research And Consultant, khusus untuk poin respon dimensi interaksi publik, persentase  pasangan calon (paslon)  gubernur dan wakil gubernur Maluku periode 2018-2023, Murad Ismail -Barnabas Orno dengan jargon BAILEO berada pada posisi 39,11 persen, mengungguli paslon SANTUN dan HEBAT.

Pemaparan singkat, Jumat malam (23/03/2018), oleh Edison Lapalelo selaku Operational Director lembaga tersebut, disebutkan berdasarkan survei lembaga mereka, terkait dengan dimensi respon interaksi publik terhadap pasangan calon, secara periodik baru saja per tanggal 10-15 Maret 2018, diukur soal respon ini karena, pada bulan Februari kemarin juga sudah melakukannya.

“Sampai dengan selesai melakukan survei, kita per 15 Maret 2018 dengan tingkat kepercayaan kami 95 persen dan margin eror 5 persen. Kami mendapatkan hasil analisa  itu, SANTUN mendapat respon interaksi publik hari ini sebesar 21,82 persen. Dan ini terkecil  dibandingkan BAILEO dan HEBAT. HEBAT sendiri mendapat 39,07 persen, sementara BAILEO itu 39,11 persen. Itu berarti, dari komunikasi dan respon publik BAILEO yang menempati posisi teratas dan unggul dalam perspektif atau sudut pandang persepsi publik,”bebernya.

Ingatnya,  bulan kemarin pasca penetapan ,lembaganya mendapati respon publik itu sangat kuat kepada pasangan HEBAT. Tapi hari ini,  per Maret, dilakukan respon ulang lagi dimensi interaksi publik BAILEO presentasenya naik dan lebih unggul. Data ini mengambil sampel titik itu 231 titik sebarannya, 100 persen diseluruh kabupaten /kota se Maluku  dan terbagi pada titik-titik yaitu pasar, terminal, pelabuhan, rumah-rumah kopi, mall/supermarket,pangkalan ojek dan aktifitas di Kantor Pencatatan Sipil dengan metode tatap muka serta interview.

“Ingin Kami sampaikan bahwa, tentunya persentase dari survei respon publik ini, dia tidak berbanding lurus dengan survei elektabilitas, sehingga kalau hari ini respon publiknya ke paslon BAILEO, misalnya atau ke paslon SANTUN, tidak berbanding lurus dengan elektabikitas paslon itu, Tetapi tentunya, tetap akan berdampak pada elektabilitas, selama ini terjaga atau bisa di treatment dengan baik oleh paslon dalam pengertian timnya, maupun kandidatnya, parpolnya, Saya kira akan berdampak besar pada elektabilitas paslon itu sendiri,”tandasnya.

Dirinya menambahkan, relawan melakukan survei ini berbeda, dengan survei elektabilitas lainnya. Metode Link hampir sama tapi,  tidak menekankan misalnya pada satu pangkalan ojek, tidak bertanya dipangkalan ojek itu bahwa kalau Pilkada kali ini, saudara-saudara memilih siapa, kami tidak menanyakan itu. Cara relawan kita hanya menanyakan lebih banyak tentang sejauh mana percakapan dikomunitas ojek itu. Percakapan mana serius mengacu kepada paslon yang mana.

Sekedar tahu, hasil data sementara lembaga survei tersebut, mengambil sampel dari 21 titik pasar, 12 titik terminal, 25 titik pelabuhan, 51 rumah kopi, 11 mall/supermarket,100 titik pangkalan ojek serta 11 titik aktifitas pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se provinsi Maluku. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com