Pemerintahan

Pemkab Malra Gelar Forum Perangkat Daerah Dinas Perikanan

Forum Perangkat Daerah DKP Malra

Malra,Maluku- Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 mengamanatkan perangkat daerah, untuk melaksanakan Forum Perangkat Daerah sebagai wadah penampungan dan atau penjaringan aspirasi masyarakat, dunia usaha dan pemangku kepentingan lainnya, dalam rangka penyempurnaan rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah. Dengan demikian, maksud dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah adalah untuk membahas rancangan kerja Perangkat Daerah, dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang di tingkat kecamatan.

Hal ini disampaikan Asisten satu Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Martinus Mon, Saat pembukaan Forum Perangkat Daerah Dinas Perikanan Malra, Mewakili  Penjabat Bupati Maluku Tenggara, Semmy Risambessy.

Forum Perangkat Daerah Dengan Tema, Melanjutkan Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemantapan Infrastruktur untuk mewujudkan Kesejahteraan Rakyat itu  dipusatkan di Aula Gedung RRI, Tual, Kamis (15/3/2018).

Dikatakan, forum ini adalah  aspirasi dan kebutuhan masyarakat secara khusus dalam bidang perikanan.

“Mewakili Pemerintah Daerah diharapkan Forum ini menjadi suatu forum yang terbuka, dimana setiap informasi, kebutuhan maupun persoalan yang ada di masyarakat sehubungan dengan pengelolaan perikanan dapat dibahas secara baik, mendetil dan secepat mungkin dapat melahirkan rekomendasi yang berguna baik bagi penanganan persoalan masyarakat, maupun untuk kemajuan daerah ke depan,” Harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Maluku Tenggara, Nico Ubro, Usai Kegiatan tersebut mengatakan, Kegiatan Forum Perangkat Daerah Dinas Perikanan Malra, bertujuan selain membahas agenda dan rancangan program juga mengevaluasi dan sekaligus memacu kinerja dinas perikanan Malra, baik dari sisi produksi,  budi daya  maupun tangkap, sekaligus meningkatkan sinergitas dengan SKPD dan stekholder dengan harapan Dinas Perikanan dapat membantu masyarakat guna menggerakkann perekonomian kabupaten Malra.

Rancangan Program Jangka Menengah Daerah, 2019 nanti Perikanan diminta untuk menaikkan hasil produktivitas perikanan.

“Itu berarti juga harus ditunjang dengan aspek peningkatan pada SDM Nelayan, yang juga harus dibarengi dengan sarana dan prasarana yang baik, kemudian juga harus didukung suasana perairan dan iklim cuaca, sehingga ini dapat berdampak pada hasil produksi baik perikanan tangkap maupun budidaya rumput laut kita.” Ujar Ubro.

“Coba kalau nelayan kita punya kapal minimal diatas 10, GT, sehingga mampu bertahan terhadap cuaca ekstrem, dan memberikan rasa aman dan kenyamanan pada nelayan saya yakin ini mampu meningkatkan hasil produksi nelayan kita.”tambahnya. (IN-09).

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top