Maluku

Korban Meninggal Akibat Laka Lantas 2018 di Ambon Meningkat 200 Persen

Ilustrasi laka lantas

Ambon,Maluku – Korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas di Ambon tahun 2018 meningkat 200 %. Sedangkan Luka berat turun 20 % dan luka ringan turun 69 %.

“Berdasarkan catatan Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, untuk korban yang meninggal dunia (MD), meningkat sebanyak 200%, luka berat (LB), turun 20%, dan luka ringan (LR) 69%. Untuk jumlah laka lantas tahun 2018 mengalami penurunan sebesar 50% dengan kerugian materil naik 93%. Hasil tilang 2018 bila dibandingkan dengan tahun 2017 mengalami peningkatan yaitu 361%  dan teguran 130%.  Penyebab terjadi laka lantas di Kota Ambon akhir-akhir ini dikarenakan human eror, “ ungkap Kasat Lantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,AKP Muhammad Bambang Surya Wiharga,S.I.K, yang ditemui Wartawan di ruangan kerja Satlantas,Rabu (27/3/2018).

Dikatakan, untuk penanganan masalah kelengkapan, baik itu kelengkapan kendaran bermotor maupun mobil, semua tergantung dari individu masing-masing, apakah dirinya patuh terhadap hukum atau tidak.

Sehingga dalam menjalankan tugas selaku anggota Polri, Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,hanya bertugas untuk mengingatkan, dan menyadarkan masyarakat agar sadar akan penegakan hukum tentang berlalu lintas yang baik dan benar.

” Untuk jumlah teguran yang dilakukan dalam Operasi Keselamatan Siwalima,yang dilakukan oleh Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,di tahun 2018, tercatat sebanyak 1.439 teguran. Untuk teguran dan penindaka  yang dilakukan oleh Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,  yaitu mengenai pelanggaran terlihat secara kasat mata,berupa tidak menggunakan Helm pelindung kepala, atau tidak memilili lelengkapan kendaraan bermotor, dan pengedaran anak dibawah umur yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM),”tutur AKP.M.H.Suryawiharga.

Lanjutnya, untuk mengurangi laka lantas di Kota Ambon, Satlantas Polres P.Ambon dan Pp. Lease juga telah menyambangi sekolah-sekolah dalam prorgam Police Goes To Scholl, penyuluhan ke komunitas-komunitas ojek dan pangkal mobil Taxi, di Kota Ambon dengan harapan tetap menjaga keselamatan diri maupun keselamatan orang lain. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top