Maluku Tengah

Kasus Mangkrak di Polsek Teluk Elpaputih, Tuny : Kapolda Harus  Evaluasi Kapolsek

Yustin Kasus Samasuru

Ambon,Maluku- 11 bulan sudah Laporan Yustin Tuny,SH selaku Kuasa dari Yunus Rumauru, Matheos Picasouw dan Filipus Sahakay mangkrak di Polsek Teluk Elpaputih. Laporan para korban dengan Nomor: Pol: STPL/04/III/2017/ Polsek Teluk Elpaputih terkait penyerangan rumah warga Jemaat Samasuru  Tanggal 4 Maret 2017 itu hingga kini tak tahu rimbanya.

Sebelumnya Yustin Tuny,SH pernah menyurati Kapolres Maluku Tengah dan Bapak Kapolsek Teluk Elpaputih dengan surat be rnomor: 15/KA-YT/P/V 2017 Perihal Permohonan Penjelasan Kasus Tertanggal 23 Mei 2017.

Surat itupun dibalas Polsek Teluk Elpaputih dengan Surat Bernomor: B/37/V/2017 Polsek – Kalirifikasi Biasa Perihal Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan Tanggal 26 Mei 2017 ditanda tangani oleh Kapolsek Teluk Elpaputih JUKILSNO KAISUPY.

Tidak puas dengan SP2HP yang diberikan, selanjutnya Yustin Tuny,SH selaku Kuasa Hukum korban menanggapi SP2HP yang diberikan dengan Surat Bernomor:18/KA-YT/P/VI 2017 Perihal: Tanggapan Terhadap SP2HP Polsek Teluk Elpaputih Tanggal 3 Juni 2017.

Mangkraknya kasus ini sempat bergulir ke Polda Maluku, dan telah diinisasi oleh Polres Maluku Tengah yakni pihak Reskrim Maluku Tengah.

“Bahwa koreksi terhadap proses laporan Kami di Polsek Teluk Elpaputih  terus Kami lakukan dengan menyurati Bapak Kapolda Maluku, Bapak Irwasda Polda Maluku, Bapak Kadiv Propam Polda Maluku dengan Surat Bernomor: 22/KA-YT/L.P/VII/2017 Perihal: Laporan Pengaduan Terhadap Kinerja Kapolsek dan Penyidik Polsek Teluk Elpaputih tertanggal 9 Juli 2017. Bahwa tanggal 26 September 2017 Kami menyurati Bapak Kapolda Maluku dengan Surat Bernomor: 34/KA-YT/MP.MA/IX/2017 Perihal Mohon Penjelasana Surat Bernomor: 22/KA-YT/VII/2017, Mohon Perlindungan Hukum Dari Bapak Kapolda Maluku dan Mohon Audensi Dengan Bapak Kaploda Maluku. Bahwa berdasarkan Surat Yustin Tuny,SH Bernomor: 34/KA-YT/MP.MA/IX/2017 kemudian tanggal 3 November 2017 Kami diterima oleh Wadir Reskrim Polda Maluku membicarakan Laporan yang telah Yustin Tuny sampaikan.  Selanjutanya  tanggal 06 November 2017 Yustin Tuny bersema para korban diundang oleh Kasat Reskrim Polres Maluku Tengah turut hadir dalam pertemuan tersebut Kapolsek Teluk Elpaputih bersama Kanit Reskrim Polsek Teluk Elpaputih serta Pemerintah Negeri Samasuru maupun Pimpinan Jemaat Samasuru,” jelas Tuny kepada INTIM NEWS, Kamis (1/3/2018).

Dihadapan Kasat Reskrim Polres Maluku Tengah, Kapolsek Teluk Elpaputih maupun penyidik Polsek Teluk Elpaputih menyatakan pihaknya sanggup menyelesaikan kasus tersebut dalam tempo 1 minggu.

Namun janji tinggal janji, pihak Polsek Teluk Elpaputih hingga kini belum juga dapat menyelesaikan kasus tersebut. Olehnya itu, Tuny meminta kepada Kapolda Maluku untuk mengevaluasi Kapolsek Teluk Elpaputih.

Dirinya juga  berharap agar kasus yang mangkrak di Polsek Teluk Elpaputih itu, dapat segera diambil alih oleh Reskrim Umum Polda Maluku.

 “ ya kalau laporan Kami diambil alih oleh Penyidik Polda Maluku dan atau dilakukan gelar perkara di Polda Malaku otomatis kita akan tau secara terang menderang factor keterlambatan oleh penyidik. Tetapi Kami punya kasus perbandingan ada yang nantinya Kami akan sampaikan pada saat diundang untuk gelar perkara sekiranya permohonan Kami dikabulkan oleh Bapak Kapolda dan Bapak Dir. Reskrim Umum Polda Maluku” Ujar Yustin Tuny, SH. (IN-01/JTN)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com