Politik

Inez Lailossa : KeHEBATan Dan KeSANTUNan Ada Dalam BAILEO

Ayu Hasanussy di BAILEO

AMBON,MALUKU – Salah satu musisi Asal Maluku, Inez Lailossa, selalu aktif mengekspose karya-karyanya, dalam bidang tarik suara. Dalam Pemilihan Gubernur Maluku 2018, dirinya juga mengambil peran mendukung salah satu pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Maluku periode 2018-2023.

Dari berbagai aspek visi dan misi, dia menilai semua orang HEBAT dan SANTUN itu, pada dasarnya berasal dari rumah tua,yakni BAILEO.

Kepada INTIM NEWS, Selasa pagi (20/03/2018) mengaku, sebagai seorang Musisi yang sering melantunkan lagu-lagu adat Maluku, dirinya cenderung lebih terpukau dengan pasangan Calon Gubernur Murad Ismail-Barnabas Orno, yang diakuinya layak memimpin Maluku.

“Kalau menurut saya, dengan jargon yang dipakai pasangan nomor urut 2 yakni BAILEO itu, saya sangat mendukung mereka, sebab itulah identitas asli orang Maluku. Sebab didalam Baileo ini juga sudah terdapat kehebatan, dan kesantunan dari setiap mereka yang berada didalamnya,” tuturnya.

Disamping itu, sambung pelantun lagu Yakomina ini juga akui, ketertarikanya mendukung pasangan Baileo tersebut bukan tanpa alasan.dirinya menilai, calon wakil gubernur Barnabas Orno dalam setiap orasi politiknya, selalu menyinggung soal budaya, sehingga dari situ bisa terlihat wujud kesantunanya terhadap Maluku.

“Pak Orno ini dalam setiap penyampaian politiknya selalu saja menyinggung soal budaya, adat dan lain-lain. Dari situ kita bisa lihat sendiri, sosok pemimpin Maluku yang HEBAT dan SANTUN itu adalah BAILEO,” tuturnya.

Disinggung terkait dengan nasib musisi Maluku yang kurang diberdayakan oleh pemerintah Provinsi Maluku, dia berharap, kepada pasangan BAILEO jika terpilih nantinya, harus ada satu wadah yang bisa melindungi hasil karya anak Maluku.

“Harapan saya, jika BAILEO terpilih, dari hasil karya anak Maluku, semoga dibuat satu wadah untuk melindunginya, agar dari karya tersebut bisa dijadikan sebagai Penghasilan Anggaran Daerah (PAD), sebab melihat potensi dibidang musik yang yang ada saat ini jangan sampai disia-siakan begitu saja,” harapnya.

Dirinya menuturkan, provinsi Maluku cenderung bisa lebih dikenal dunia, bukan dari berbagai hal, melainkan dari musisi-musisi lokalnya yang dengan semangat mengharumkan nama Maluku, dengan lantunan lagu-lagu daerah ,sehingga dikenal dunia.

“Maluku ini dikenal dari semua lagu-lagunya, jadi potensi ini harus diberdayakan, jangan diabaikan. Sebab orang Eropa bisa kenal yang namanya ‘Yana Alifuru, Kalwedo Kidabela dan lain-lain itu, dari lagu-lagu yang dibawakan, bukan dari yang lain,” sebutnya.

Diketahui, bertolak belakang dengan saudaranya, Rudy Lailossa cenderung mendukung paslon SANTUN, mengingat dirinya adalah kader partai Golkar. Oleh karenanya, itulah politik, walaupun beda pilihan politik , jangan sampai memecah persaudaraan dan silaturahmi. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top