Maluku

Diskucapil : Belum Punya E-KTP, Tetap Miliki Hak Pilih

E-KTP

AMBON,MALUKU – memastikan keamanan hak pilih warga yang belum meliliki E-KTP di pilkada 2018. Mayoritas warga yang belum memiliki E-KTP, berasal dari kelompok umur pemilih pemula.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Ambon, Selly Haurisa ,kepada INTIM NEWS, di ruang kerjanya, Jumat (23/03/2018).

Ia menjelaskan bahwa, Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil ,pada Kemendagri Zudan Arif Fakurulooh mengatakan, pemilih pemula yang belum memiliki E-KTP sudah terdaftar di data penduduk potensial pemilih (DP4) sehingga, hak pilih mereka terkoordinasi melalui data itu.

Menurutnya, DP4 dari Kemendagri menjadi acuan KPU,melaksanakan pencocokan dan penelitian(coklit). Daftar pemilih hasil coklit di gunakan untuk menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kalau namanya tidak ada di DP4 ,kan ada coklit KPU .penduduk yang tidak ada di DPT juga tetap boleh mencoblos sesuai alamat dalam suket  atau KTP Elektronik, “katanya.

Selly menuturkan ,pemilih pemula paling banyak terdapat di kota Ambon,namun ia tidak mengungkap berapa jumlah pasti pemilih pemula.

Kata dia,meski hak pilih di pastikan aman,pemula diharapkan tetap mengurus pencetakan E-KTP .Tim Dukcapil di Kota Ambon juga kan fokus melayani perekaman data E-KTP ke sekolah menengah atas.

“Kami jemput bola dan mendorong masyarakat untuk merekam E-KTP, di kecamatan atau dinas dukcapil,”jelas Selly.

Tambahnya, ini keputusan Kemendagri yang meminta masyarakat aktif mendatangi dinas Dukcapil untuk melakukan perekaman,sebab tak banyak yang bisa di lakukan Kemendagri, jika masyarakat pasif.

“Blanko KTP elektonik di jamin jumlahnya mencukupi,tinggal sekarang yang harus di dorong adalah peran aktif masyarakat, untuk segera merekam datanya”sebutnya.

Intinya ,dirinya katakan tidak ada pemilih yang belum memenuhi syarat  yang tidak bisa mencoblos tetap bisa semuanya.

“Asalkan, sudah berusia 17 tahun tetap bisa mencoblos,meskipun belum memiliki KTP, “ujarnya. (Mg-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top