Pendidikan

Bupati Harap Seleksi Guru Kontrak Hasilkan Guru Berkualitas

Bupati SBT6

Bula,Maluku- Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dikabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terus dilakukan. Pemerintah daerah lewat dinas pendidikan kebudayaan pemuda dan olahraga setempat terus melakukan perbaikan diberbagai sisi untuk mendongkrak rangking mutu pendidikan daerah itu yang masih bertengger di urutan 2 dari 11 kabupaten/kota diprovinsi Maluku berdasarkan Uji Kompetensi Guru (UKG).

Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah menambah tenaga guru untuk ditempatkan pada sekolah-sekolah yang masih kekurangan guru. Upaya penambahan tenaga guru ini dilakukan dengan cara melakukan seleksi guru kontrak tahun 2018 yang baru saja berakhir dua pekan lalu.

Menyikapi hal itu bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas berharap, proses seleksi guru yang dilakukan dinas pendidikan kebudayaan pemuda dan olahraga bisa menghasilkan guru yang berkualitas.

“Saya berharap seleksi guru kontrak ini bagian dari upaya kita mendapatkan guru-guru yang berkualitas, “ujar bupati Keliobas beberapa waktu lalu.

Menurut orang nomor satu didaerah itu, peningkatan mutu pendidikan harus didukung dengan tenaga guru yang berkualitas. Pemerintah daerah sendiri sejauh ini terus berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong mutu pendidikan pada setiap sekolah yang ada didaerah itu.

“Dengan guru-guru yang berkualitas kita mendorong mutu pendidikan pada setiap sekolah yang ada, “katanya.

Pada seleksi guru kontrak tahun 2018 yang telah berakhir dua pekan lalu itu, tercatat sebanyak 1.353 (seribu tiga ratus lima puluh tiga) orang terdaftar mengikuti seleksi.

Ribuan peserta itu mendaftar untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 86 pendaftar, Sekolah Menengah Atas (SMA) 128 pendaftar, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 581 pendaftar, Sekolah Dasar (SD) 551 pendaftar dan untuk PAUD sebanyak 7 pendaftar.

Dari jumlah itu, panitia yang dibentuk dinas pendidikan kebudayaan pemuda dan olahraga setempat kemudian akan melalukan seleksi untuk mencari calon guru yang dianggap layak untuk ditempatkan pada SMK, SMA, SMP, SD dan PAUD yang tersebar disejumlah wilayah didaerah itu. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top