Militer

Babinsa Bantu Mayarakat Cetak Sawah

Babinsa Cetak Sawah

Ternate,Maluku Utara – Koramil 1501-03/Jailolo melalui para babinsa melaksanakan kegiatan pendampingan cetak sawah kepada kelompok Tani di Desa Hoku-Hoku Kie, Kecamatan Jailolo, Kab. Halmahera Barat.

Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini sekaligus sebagai upaya untuk mempercepat penyelesaian program perluasan cetak sawah baru Kodim 1501/Ternate, khususnya di wilayah tanggungjawab Koramil 03/Jailolo.

Tampak dilokasi, Kopral satu Darles Sapulette dan Kopral Dua Sugiatmo  bersama sejumlah petani gencar melakukan pengolahan sawah. Babinsa memberikan motivasi dan semangat kepada petani agar tujuan dan target dapat tercapai dengan maksimal.

“Lahan yang sudah kita garap, mulanya tidak produktif namun dengan usaha pekerjaan kita bersama saat ini sudah mulai terlihat hasilnya, kita berikan motivasi kepada petani untuk lebih bersemangat,” ujar Koptu Darles Sapulette.

harapannya lahan cetak sawah baru dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani. Pemerintah dan TNI AD sudah mencurahkan segala upaya untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat petani dengan membuka lahan sawah lebih luas.

“Kami sangat serius dalam hal pertanian, tujuannya untuk mensejahterakan rakyat serta mewujudkan swasembada pangan, semoga masyarakat lebih serius dan semangat mengolah lahan ini,” harapnya.

Danramil 03/Jailolo Kapten Inf Hidayah mengatakan bahwa kegiatan Para Babinsa khususnya di wilayah Kec. Jailolo adalah untuk membantu memberikan pendampingan kepada kelompok Tani untuk meningkatkan produktifitas padi khususnya di wilayah Kab. Halmahera Barat.

Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti,S.Sos menyampaikan pesan kepada Babinsa dan anggota agar melaksanakan tugas semaksimal mungkin.

“Para prajuritku, kalian telah melaksanakan pendampingan dan pengawalan dalam pencetakan sawah yang ada di wilayah Kodim 1501/Ternate ini merupakan tugas yang mulia, tugas untuk membantu masyarakat Kabupaten Halmahera Barat agar lebih sejahtera, laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab” tuturnya.

Dikatakan, keterlibatan  TNI AD ke sektor pertanian terutama cetak sawah, tidak mengganggu tugas utama tentara, menurutnya sudah ada regulasi tegas yang mengatur keterlibatan TNI dalam program tersebut salah satunya adalah membantu pemda untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Khususnya di Bidang Pertanian dan Pangan.

 “Mari kita bersama sama TNI dengan warga bahu membahu terutama generasi muda untuk bercocok tanam padi,  karena suatu saat nanti bila bekerja ditambang  pasti akan ada akhirnya, sebab segala bentuk Tambang galian apapun itu tidak dapat diperbaharui ”tegas Dandim (IN-01/JK)

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top