Kota Ambon

4 Rumah Warga Nania Kota Ambon Hangus Terbakar

Kebakaran nania...1

Ambon,Maluku- Diduga berawal  letupan kompor dari dapur salah satu toko sembako,milik Nurdin alias Dani (41 tahun),beralamat di RT.05/RW.01 Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, membuat 4 rumah warga ikut hangus dilalap si jago merah.

Kobaran api yang merembes ke drum berisi Bahan Bakar Minyak (BBM), jenis bensin, menyebakan kebakaran hebat yang menghanguskan sedikitnya 4 rumah warga, Desa Nania, Kec. Baguala Kota Ambon,Jumat (2/3/2018).

Kapolres P.Ambon dan Pp.Lease,AKBP Sutrisno Hadi Santoso,S.I.K, yang dikonfirmasi INTIM NEWS, melalui,pesan seluler, Jumat (2/3/2018),membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang menghanguskan 4 rumah warga, di Desa Nania,Kecamatan Baguala,Kota Ambon.

“Kasus kebakaran tersebut, dikarenakan adanya letupan kompor dari dapur salah satu toko sembako,milik Nurdin alias Dani,yang menyebabkan api kemudian menjalar ke salah satu drum berisikan BBM jenis bensin, hingga kobaran api membesar dan menghanguskan 4 rumah warga,  di RT 05/RW 01 Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon,” ungkap Perwira Polri berpangkat dua melati itu.

Kebakaran nania...2

Dijelaskannya, menurut keterangan keterangan saksi Nurdin alias Dani  (Pemilik Ruko), awalnya istri saksi sementara memasak dengan menggunakan kompor di teras toko sembako. Kemudian saksi mendengar suara ledakan yang berasal dari kompor tersebut. Api yang berasal dari ledakan kompor langsung merembes ke Drum yang berisi Bensin. Selanjutnya saksi mencoba untuk memadamkan api menggunakan pasir namun kobaran api terlanjur membesar.

” Melihat saksi yang berusaha memadamkan kobaran api yang mulai membesar itu, warga  Desa Nania yang berada  disekitar TKP yang melihat kejadian tersebut langsung membantu saksi memadamkan kobaran api dengan alat seadanya. Namun api terus membesar dan tak dapat dipadamkan itu akhirnya menjalar ke rumah milik La Minyo, (64 tahun), seorang purnawirawan TNI AD,yang dikontrak oleh Musliyanto  (42 tahun),” Tuturnya.

Lanjutnya, saksi Nurdin alias Dani juga menjelaskan, pada saat terjadi ledakan, sempat terparkir didepan toko sembako miliknya mobil tanki BBM jenis Premium yang hendak melakukan pengisian BBM di dalam drum miliknya.

“Melihat api yang membesar membuat sang supir tangki BBM tersebut  langsung berjalan meninggalkan TKP,” Ucapnya.

Dikatakanya, untuk mengamankan lokasi kebakaran,pukul 09.37 WIT , Personil Polsek Baguala tiba di TKP dan mengatur arus lalin dan bersama-sama warga sekitar memadamkan kobaran api dan mengeluarkan barang-barang warga yang berada di sekitar TKP.

” Untuk memadamkan kobaran api yang mulai membesar dan menjalar kerumah warga lainnya, sekitar pukul 09.45 WIT,  7 mobil Dinas Pemadam Kebakara (Damkar), Pemerintah Kota Ambon Ambon dan 1 unit mobil pemadam Dit Sabhara Polda Maluku yang  tiba di TKP dan langsung memadamkan kobaran api yang telah menjalar ke beberapa rumah warga lainnya. Api berhasil di padamkan pada pukul 10.20 WIT,” Ungkapnya.

Adapun rumah-rumah warga yang terbakar akibat insiden itu masing masing milik, Nurdin alias Dani (45 tahun), H. La Minyo (60 tahun),Purnawirawan TNI AD, Sardin (38 tahun), pekerjaan Wiraswasta, Ibu Ani (60 tahun).

Kebakaran tersebut juga menimbulkan kerugian material berupa, 1 unit Ruko, 1 unit Mobil Avanza, surat berharga berupa Sertifikat dan Ijazah, barang dagangan dan perabotan rumah tanggamilik Nurdin alias Dani dan sejumlah pakaian dan surat-surat berharga milik Musliyanto, ikut hangus terbakar.

Kasus kebakaran tersebut telah dilakukan identifikasi Polres P. Ambon dan Pp Lease yg dipimpin olh Aiptu A. LALLO tiba di TKP dan langsung melakukan olah TKP, pada pukul 11.00 WIT.(IN-07)

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com