Pendidikan

3 Calon Rektor, Rebut Kursi Kepemimpinan UKIM

Pemilihan Rektor Ukim

Ambon,Maluku– Pemilihan Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), periode 2017-2021 digelar dalam rapat senat terbuka, yang berlangsung di Aula UKIM, Senin (5/3/2018).

Pemilihan Rektor, Universitas yang berjuluk kampus orang basudara  tersebut, diikuti oleh 3 kandidat calon Rektor UKIM, Dr Simon Pieter Soegijono,SE , M.Si, Dosen Fakultas Ekonomi UKIM, Dr Josephus Noya M.Si, Dosen Fakultas ISIP UKIM, dan Dr Jafet Damamin, Dosen Fakultas Theologia. UKIM.

Adapun pemaparan visi, Dr Jafet Damamin,yaitu menjadikan UKIM  sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang unggul di bidang pengetahuan dan teknologi,berakhlak mulia di bidang,kepribadian,berdaya guna demi masyarakat kepulauan berdasarkan iman,pengharapan dan kasih. Dengan mengedepankan 5 Misi yaitu, menyelenggarakan kegiatan Akademik yang bermutu dan mengembangkan Mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang mengusasai IPTEK  yang bermanfaat bagi kemanusiaan, mengembangkan kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan yang dijiwai nilai-nilai kepribadian yang matang berlandaskan iman,pengharapan dan kasih. Meningkatkan status akreditasi lembaga dan program-program studi untuk menjamin keunggulan lembaga UKIm agar diminati masyarakat, meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai wadah aplikasi ilmu pengetahuan dan mendekatkan lembaga dan masyarakat, membangun dan menata insfaatruktur pendukung,baikperangkat keras maupun petangkat lunak penyelenggaraan Tri Dharama Perguruan Tinggi.

” Sebagai calon Rektor UKIM ada beberapa strategi pengembangan yang perlu di terapkan dalam memajukan UKIM melalui pengembangan dibidang Akademik,bidang Kemahasiswaan,bidang Administrasi Umum dan Keuangan, bidang Perencaan dan Kerja Sama,” ungkap Doktor Fakultas Thelogia UKIM dalam pemaparan visi misinya.

Berbeda dengan visi dan misi yang disampaikan oleh, Dr Jafet Damamin, selaku kandidat bakal calon rektor dari Fakultas ISIP UKIM,  Dr Josephus Noya M.Si, Dosen dengan visinya, menjadikan UKIM yang mandiri dan bermutu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan,teknologi,seni dan budaya dengan berproses pada karakter spritual dan ke Indonesiaan demi kesejahteraan masyarakat berbasis kepulauan yang diakui ditingkat lokas,regional,nasional dan internasional. Sedangkan untuk misi sang Doktor Fakultas Isip UKIM itu, mengedepankan 7 point peningkatan mutu dan kualitas pendidikan UKIM, dengan penjabarannya adalah membangun karekater spiritual UKIM yang kokoh,mensosialisasikan UKIM ke semua Klasis GPM,Pemerintah Kota,Kabupaten,Provinsi. Menyelenggarakan dan pengajaran yang tersistem,efisien,pluralis,intergratif,dan berkualitas untuk menghasilkan output outcome yang memiliki keunggulan akademik,integritas moral dan spiritual,kreatif,internasional,dengan menjunjung nilai-nilai kemanusian,kejujuran,keadilan,kebenaran,cinta kasih,damai dan persaudaraan sejati. Mengembangkan budaya penelitian yang mengembangkan IPTEKS,seni dan budaya lokal dan mampu mendorong lahirnya inovasi demi daya saing pengabdian kepala gereja masyarakat kepulauan sebagai wujud pelayanan dan pemberdayaan. Mewujudkan UKIM sebagai wadah masyarakat ilmiah yang handal melalui budaya ilmia,peningkatan SDM, dan penyelengaraan UKIM yang bersih,transparan,terbuka,sehat dan akuntabel dalam mengembangkan suasana akedemik demokrasi kristiani dan lintas ilmu yang dipahami oleh pemangku kepentingan (stakeholder).

” Selaku bakal calon rektor UKIM pokok pikaran dan strategi pencapaian program UKIM 2011-2021 yaitu melalui bidang Akademik,bidang umum dan keuangan,bidang Kemahasiswaan dan Alumni,bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,bidang perencanaan dan kerja sama. Dengan  beberapa tahap yaitu tahap pertema konsolidasi internal seputar sistem dan struktur kelembagaan UKIM, tahap kedua berupa penguatan kapasitas kelembagaan berupa sistem tata kelola,regulasi,struktur,sarana prasarana dan sosialiasi UKIM, tahap ketiga penguatan mutu Akademik,sumber daya tenaga Akademik dan penunjang Akademik, tahap keempat pengembanagab instritusi berupa peningkatan level akreditasi program studi,pembukaan progrqm studi yang relevan (S1 dan S2), perluasan hunungan kerjasama,akreditasi institusi,”ungkap Doktor FISIP UKIM itu.

Selain itu untuk bakal calon rektor UKIM, bakal calon Rektor UKIM, Dr Simon Pieter Soegijono,SE , M.Si,dalam pemaran visi misinya menjadi Universitas yang inklusif,mandiri,beradab,bermartabat,berkualitas dan pengembangan ilmu pengetahuan,teknologi,seni dan budaya demi kesejahteraan masyarakat kepulauan berdasarkan iman,pengetahuan dan kasih. Dengan 4 misinya, menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi yang berkualitas pada  berbagai strata,menyelenggarakan program-program pendidika  yang unggul sesuai dengan konteks masyarakat kepulauan,menyelenggarakan pendidikan tinggi yang diilhami iman kristiani, membangun kerja sama dengan berbagai pihak didalam dan dilua negeri.

” Untuk visi, saya sebagai bakal calon rektor UKIM lebih mengarah pada visi kemimpinan yang berdasarkan pada kondisi kekinian dan permasalahn stategis yang telah diuraikan dan terusmuskan adalah, UKIM Berkualitas,Beretik,dan Unggul sebagai institusi ilmiah. Sedangkan untuk misinya adalah misi pengembangan yaitu melalui peningkatan kualitas tenaga dan akademik,peningkatan dan pemantapan penggunaan teknologi informasi fan publikasi ilmiah,peningkatan mutu akademik dan non akademik serta peningkatan kinerja tenaga kependidikan,” Ungkap Dr Simon Pieter Soegijono. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com