Kota Ambon

Zeth Pormes Siap Perjuangkan Pasar Buah Di Hative Besar

Zeth Pormes

AMBON,MALUKU – Reses, guna menjaring aspirasi masyarakat, salah satu Anggota DPRD kota Ambon, Zeth Pormes nyatakan kesiapannya untuk memperjuangkan pembangunan pasar buah di desa Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon.

Pernyataan ini disampaikan Pormes saat jaring aspirasi , meresponi keinginan masyarakat setempat khususnya RT 023/RW 06 (Unit 3 Sektor Galilea) .

Pasalnya, fasilitas memadai sebagai tempat menjual hasil panen,belum ada disana.

“Aspirasi masyarakat soal itu Saya pastikan memperjuangkannya, sapa. jangka waktu pendek ini untuk pemberdayaan petani dan nelayan. Dengan membangun pasar buah khususnya untuk memasarkan potensi ekonomi masyarakat di bidang pertanian dan juga kelautan jika ada, serta lahannya ada. Saya lihat ini sangat potensial dan sangat bagus,” ungkapnya, Sabtu (03/02/2018).

Reses PormesMenurutnya, pembangunan pasar buah di Hative Besar ini pastinya akan menjawab kebutuhan masyarakat ke depan. Apalagi ,nanti dengan adanya pembangunan berbagai fasilitas pemerintah seperti RSUD provinsi di Rumahtiga yang merupakan salah satu rumah sakit terbesar di Indonesia Timur, kantor Gubernur Maluku yang baru di desa Poka, dan fasilitas perumahan swasta skala besar di kawasan Teluk Ambon-Baguala, tentu berdampak meningkatnya konsumsi dan kebutuhan rumah tangga tiap harinya baik sayur, buah, ikan dan lainnya. Sehingga, potensi itu harus dimaksimalkan secara baik.

“Kalau pemerintah mampu fasilitasi ini maka, akan jadi brand marketing di kota Ambon, khusus Hative Besar sebagai pusat/sentra buah, melalui efektifitas promosi.Jadi, siapapun yang datang di kota Ambon, sudah tahu dan kenal mau dapat buah segar bisa langsung ke Hative Besar. Bahkan ,dari Seram dan daerah lain bisa distribusi dan pasarkan khusus disini. Hative Besar ini potensial dan prospek sangat bagus ke depan, Saya bisa pastikan,” tuturnya.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Ambon ini katakan,
prospek ke depan terhadap visi itu tentu bagi kepentingan pemerintah dan masyarakat petani. Dimana juga bisa tersedia lapangan kerja baru bagi pemuda/masyarakat dalam aspek pertanian dan perdagangan.

Pantauan INTIM NEWS, berdasarkan aspirasi masyarakat setempat melalui bapak Jop Uspesy, mereka membutuhkan pembangunan jalan setapak. Juga Lin Uspesy, menginginkan nasibnya sebagai guru honorer TK selama 10 tahun diperhatikan Pemkot guna diakomodir pada data K2 guru TK. Demikian pula tunjangan fungsional dari pemerintah belum didapat penuh, serta gaji masih di bawah UMK karena dibayar oleh pihak yayasan. Ada pula Fance Lelaparay, perwakilan AMGPM yang mengharapkan kegiatan Paskah dan Raker AMGPM bisa difasilitasi, maupun pembangunan sekretariat AMGPM.

“Untuk jalan setapak, 1-2 hari ke depan akan didistribusi langsung semen dan material lain, tinggal dikerjakan masyarakat. Kebutuhan AMGPM, hanya gedung sekretariat yang jadi catatan dan gumulan jangka panjang, untuk dikomunikasikan dengan pihak terkait baik DPRD Maluku, Pemprov maupun Pemkot karena tidak mudah dalam berbagai aspek. Soal aspirasi bidang pendidikan, nanti dikomunikasi dengan pihak dinas pendidikan dan dibicarakan pada komisi II untuk kita on the spot ke TK yang dimaksud,” sebutnya.

Ia juga sempatkan diri ke RT 17, kawasan Batu kubur desa Hative Besar. Adapun kebutuhan warga yang disampaikan untuk diperjuangkan Pormes yakni pipanisasi air bersih, pembangunan jalan setapak menuju sekolah, serta renovasi posko dan pengadaan fasilitas. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com