Maluku

Sekretaris Dubes Australia Silaturahmi Bersama Mercy Barends Dan Murad Ismail

Mercy Barends2

AMBON,MALUKU – Guna peningkatan hubungan bilateral antara pemerintah Australia dengan Maluku,Monti Poinder Sekretaris Kedutaan Besar (Kedubes) Australia untuk Indonesia,silaturahmi bersama salah satu Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Maluku Mercy Barends serta Murad Ismail,salah satu putra daerah Maluku.

“Secara umum Saya ingin bagaimana hubunganIndonesia khususnya Provinsi Maluku dengan Australia.Saya senang berbicara dengan Pak Murad Ismail.Australia dan Maluku sudah lama punya hubungan yang baik sebagai negara bertetangga di perbatasan,”singkat Sekretaris Kedubes ini,Rabu (07/02/2018) ,di Swissbell Hotel .

Sementara itu,diwawancarai para awak media,Murad Ismail katakan,hubungan kerjasama terutama sekali Darwin-Kota Ambon.Menurutnya,Sekretaris Duber Australia datang sama kita , menjelaskan bahwa pemerintah Australia dengan Maluku dan Maluku Utara sangat menaruh perhatian penuh terutama masalah pendidikan S1,S2 dan S3.

“Pemerintah Australia menyediakan dana cukup besar untuk bagaimana mahasiswa yang mau ikuti pendidikan di Australia yang sangat membutuhkan.Beberapa tahun lalu ,mereka telah membangun Sekolah Dasar, terutama ada 66 SD,di seluruh Maluku ini .Untuk tahun ini bukan lagi membangun SD,tetapi meningkat kepada, bagaimana mereka memberikan beasiswa kepada Mahasiswa S2 dan S3,”ungkap Murad.

Dirinya menerangkan,turut mengusulkan bagaimana kalau ada pertukaran mahasiswa dan dosen Ambon-Australia.Dan,itu masih dalam tahap pembicaraan.Selain itu,juga usulkan tentang pengembangan wisata di Maluku dengan investasi di Ambon.Terutama, membuka lapangan terbang Saumlaki-Ambon-Darwin.

“Saya juga mengusulkan,dibidang politeknik juga Saya sampaikan kepada pemerintah Australia untuk mengirim sarjana pertanian, perikanan , pertambangan untuk kita kirim ke Australia,”tuturnya.
Dalam kesempatan yang sama,Mercy Barends menerangkan bahwa, kepentingan pemerintah Australia adalah memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia .

“Memperkuat hubungan Bilateral,kita harus ingat bahwa Indonesia yang luas begini itu, di wilayah perbatasan bagian selatan ,hanya dijaga oleh tidak sampai 250ribu penduduk yang ada di Kabupaten MTB dan MBD serta Aru.Itu melengkung seperti busur selatan dan dekat dengan Darwin ,perbatasan Australia langsung,”terang Barends yang adalah Anggota Legislatif dari PDI Perjuangan.

Ia menuturkan,mereka pasti punya kepentingan untuk bagaimana siapapun yang mau jadi gubernur,apapun isu bersama yang telah disepakati dengan pemerintah Indonesia menjadi perhatian serius juga ,baik gubernur yang akan datang siapapun yang akan terpilih.

“Sebagai anggota DPR RI ,Saya sangat menyambut positif. Karena ,hasil percakapan ini juga sejalan dengan pertemuan Saya tahun lalu diruang kerja pribadi Saya dengan Wakil Dubes di nusantara satu di ruang 513.Dan, percakapan tadi itu juga ,sejalan (In-Line).Antara lain , membahas soal isu beberapa leading sektor yang diutamakan di Maluku ,”ungkap Barends.

Diketahui,silaturahmi tersebut berlangsung sekitar satu jam setengah.Dan,hasil pembahasan akan dirembuk oleh perwakilan Dubes dengan pemerintah Australia. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top