Hukum & Kriminal

Rusaki Fasilitas Pemerintah, Oknum Anggota Polda Maluku Dijatuhi 1 Tahun Penjara

Pelaku Pengrusakan

Ambon, Maluku- Hukuman 1 tahun penjara akhirnya dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon kepada terdakwa Bripka Rifal Pelupessy alias Faldo, Senin (26/2/2018).

Faldo adalah Anggota Polda Maluku yang merusak kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku dan Badan Penanaman Modal (28/8/2017) lalu.

“ Menjatuhi hukaman  1 tahun penjara kepada terdakwa Bripka Rifal Pelupessy alias Faldo, berdasarkan pasal 187 ayat (1) KUH Pidana dan pasal 406 ayat (1) KUH Pidana dengan barang bukti berupa 1 buah HP Samsung J7 Prime rusak, pecahan kaca kanto BPMD dan satu buah kursi kayu yang sudah terbakar disita dan dimusnahkan oleh Pengadilan Negeri Ambon,” ungkap Samsudin Lahasan (Hakim Ketua) yang didamping Christina Tetelepta dan Luki, (Hakim Anggota) dan dihadiri Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Ambon Grace Sihaya, SH, dalam sidang putusan yang digelar di PN Ambon.

Majelis Hakim PN Ambon, mengungkapkan, adapaun hal-hal yang memberatkan terdakwa Bripka Rifal Pelupessy alias Faldo dikarenakan terdakwa merupakan anggota Polisi yang seharusnya menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.  Terdakwa juga dengan sengaja merusak  kantor fasilitas Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku dan Badan Penanaman Modal yang merupakan Bangunan Pemerintah.

Sedangkan hal yang meringankan terdakwa adalah selama persidangan terdakwa mengakui perbuatannya dan bersedia melakukan ganti rugi terhadap fasilitas yang dirusaki oleh terdakwa.

Usai membacakan amar putusan tersebut, Majelis Hakim kemudian memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk menyampaikan keberatan apakah menerima putusan atau tidak, yang kemudian dikatakan dengan tegas oleh terdakwa yang siap menjalani masa hukuman 1 tahun penjara.

Untuk diketahui sebelumnya, oknum angota Polda Maluku, Bripka RP mengamuk sambil melakukan perusakan di kantor Ketahanan Pangan Provinsi Maluku di kawasan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Senin (28/8/2017). Dalam aksinya itu, Bripka RP membawa martil dan memukul kaca di pos penjagaan kantor tersebut.

 Selain merusak pos penjagaan di kantor itu, Bripka RP juga merusak kaca pos penjagaan gedung Islamic Center yang hanya berjarak beberapa meter dari kantor Ketahanan Pangan. (IN-07)

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com