Maluku

Rakerda KNPI, Bahas Program Mandiri Dan Kemitraan

KNPI

AMBON, MALUKU – Pasca pelantikan Pengurus KNPI Maluku periode 2018-2021, menghasilkan dua program utama dari hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda),yang terselenggara di Aula PPN Tantui Ambon, Rabu (31/01/2018).

Disebutkan dalam releasenya, rencana strategis ini, terdiri dari program mandiri dan program kemitraan yang diharapkan, dapat menjelma sebagai solusi untuk pengembangan karakter dan mentalitas pemuda dalam mengawal pembangunan di Provinsi Maluku yang berwawasan multikultural ,dengan mengandalkan nilai-nilai kearifan lokal.

Sementara itu, program mandiri ini antara lain, penguatan pemberdayaan masyarakat, program berbasis kreativitas kepemudaan. Sedangkan program kemitraan, meliputi sinergitas dan penguatan antara KNPI dan lembaga-lembaga pemerintah baik ditingkat provinsi ataupun kabupaten / kota ,dalam menjalankan program-program yang berpihak kepada masyarakat.

“KNPI Provinsi Maluku ,tidak hanya bekerja sama dengan Pemerintah selaku stakeholder utama, melainkan KNPI juga siap menggandeng BUMN dan BUMD ataupun lembaga donor ,baik dalam negeri maupun luar negeri , saling bahu membahu untuk mewujudkan berbagai program ,baik dari pemerintah atau pun lembaga donor,”papar Muhammad Faisal Saihitua, Ketua KNPI Maluku.

Maka ajaknya, peran media sebagai corong penyambung lidah rakyat harus diikutsertakan.KNPI Provinsi Maluku siap menjalin kerja sama dengan insan media ,baik cetak ataupun elektronik untuk bergandeng tangan bersama-sama mengawal program-program KNPI ke depan.

Tuturnya, rencana strategis yang dituangkan dalam rakerda ini,juga berupa program jangka pendek, menengah atau pun program jangka panjang .Diharapkan ,dapat membantu proses pembangunan diseluruh elemen pemerintahan di Provinsi Maluku. Sehingga, program yang telah dirakerdakan akan menjadi motor penggerak dalam pencapaian sistem pembangunan.

Dijelaskannya, program-program ini meliputi ,KNPI Provinsi Maluku akan melakukan konsolidasi dan komunikasi secara internal dengan seluruh pengurus KNPI se Kabupten/Kota di Maluku.

Hal ini Sambungnya, mempertegas bahwa KNPI Provinsi Maluku periode 2018-2021 dibawah kepimpinannya, merupakan kepengurusan yang sah dan mendapatkan legalitas, berdasarkan Musyawarah Daerah XIII tahun 2017 dan dilantik oleh pengurus KNPI Pusat,disaksikan oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku serta siap menjalankan AD/ART organisasi.

“Konsolidasi seluruh KNPI se Kabupaten/Kota ini ,menunjukkan bahwa tidak ada KNPI versi lain dan seluruh pengurus DPD KNPI Kabupaten/Kota “Wajib” mengawal dan mengakui kepengurusan yang sah,”tegas Saihitua.

Selain itu Ia menambahkan, komitmen KNPI Provinsi Maluku untuk mengawal proses pembangunan dan menjalin hubungan sinergitas antara Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif, di Bumi Pattimura, berlandaskan visi dan misi KNPI.

Rakerda ini pun, tidak hanya membahas mengenai sinergitas antara KNPI dan Pemerintah Provinsi/ Kabupaten dan Kota sebagai mitra strategis dan sebagai organisasi yang menghimpun seluruh organisasi-organisasi kepemudaan di Provinsi Maluku,juga membahas program lainnya.

Saihitua mengharapkan ,seyogyanya dibutuhkan keterlibatan dan partisipasi penuh dari seluruh elemen KNPI di seluruh Kabupaten /Kota di Provinsi Maluku ,demi mewujudkan visi dan misi sesuai dengan marwah organisasi.

“Sebagai organisasi induk yang menghimpun organisasi-organisasi kepemudaan maka, ijinkanlah Saya mengucapkan ,selamat Berkongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke XXX di Bumi Para Raja-Raja Provinsi Maluku dan Selamat Hari Ulang Tahun Nahdatul Ulama ke 93,”ucapnya lagi. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top