Lintas Peristiwa

Kapal Pembawa Sembako Tujuan Obi-Malut  Terbakar di Perairan Salahutu

Ilustrasi Kapal Terbakar

Ambon,Maluku – Kapal Pengangkut Sembako tujuan Obi, Kab. Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, terbakar di perairan Desa Tulehu, Kec. Salahutu, Kab.Maluku Tengah Provinsi Maluku, Sabtu (17/2/2018) malam sekitar pukul 21.15 WIT.

Kapal dengan nama lambung Sumber Harapan dengan kapasitas 5 GT itu terbakar akibat percikan api di kamar mesin.

Adapun kronologi kejadian yang dihimpun INTI NEWS, Sabtu (17/2/2018) malam, kapal yang dinakhodai oleh    La Jun, Warga Desa Manu, Kec. Obi Selatan Kab. Halmahera Selatan, dengan ABK  Sarifudin (47 Tahun), La Oko (37 Tahun), Adianto (24 Tahun), Aduhasa (31 Tahun), berawal  saat KM SUMBER HARAPAN meninggalkan Pelabuhan Hurnala, Negeri Tulehu Kec. Salahutu, hendak menuju Kec. Obi Selatan, Kab. Halmahera Selatan.

Dalam perjalanan sekitar 15 menit dalam perairan laut Tulehu Nakhoda melihat percikan api yang bersumber dari kamar mesin yang makin membesar, dia lantas mengintruksikan ABK untuk menyelamatkan diri (melompat ke laut).

Kebakaran kapal

Mendengar teriakan Nakhoda, 4 ABK langsung menceburkan diri kelaut meninggalkan KM Sumber Harapan dalam keadaan terbakar.

Saat berenang Nakhoda bersama  4 orang ABK lantas menyelamatkan diri ke sebuah bagan yang tak jauh dari lokasi terbakarnya kapal.

Sementara warga Desa Tulehu Adam( 48 Tahun) yang saat itu berada tak jauh dari TKP, kepada Polisi mengungkapkan, saat kejadian dirinya tengah berada di Pelabuhan Hurnala.  Melihat  adanya kebakaran di Perairan Tulehu , dirinya bersama 3 orang masyarakat berinisiatif untuk menuju TKP.

“ Saksi  berinisiatif bersama 3 (tiga) Orang Masyarakat Tulehu Menggunakan Bodi Sela Menuju Ke Kapal Motor  yang terbakar untuk melakukan pertolongan. Sesampai di KM SUMBER HARAPAN yang sementara terbakar, mereka langsung melakukan pencarian terhadap ABK Kapal. Namun tidak ditemukan. Keempat ABK dan Nakhoda ditemukan di sebuah Bagan yang tak jauh dari TKP. Saat ditemukan,ABK dan Nakhoda langsung dievakuasi ke pelabuhan,” Ungkap Kapolsek  Salahutu IPTU Samardin Hunusella, yang di dikonfirmasi  Intim News, Minggu (18/2/2018).

Melihat Nakhoda yang mengalami luka bakar, korban lantas dievakuasi  ke Rumah Sakit Dr. Izhak Umarella, Desa Tulehu untuk mendapatkan penanganan medis. Nakhoda KM. Sumber Harapan, La Jun mengalami luka bakar pada kedua betis, tangan dan wajah.

Api berhasil dipadamkan dari KM Sumber Harapan setelah Anggota Pos Polairud Tulehu menggunakan Ruber Boat dibantu masyarakat ke TKP untuk  memadamkan api. KM. Sumber Harapan sendiri mengangkut Sembako berupa beras, Gula Pasir, Mie Instan dan Minyak Kelapa. Juga bahan bakar yang digunakan untuk perjalanan menuju Kec. Obi Selatan, berupa 100 Liter Minyak Tanah, dan 2 Drum Solar dengan kapasitas 400 Liter. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top