Seram Bagian Timur

Hasil Lelang Jabatan Pejabat Eselon II SBT Terkatung-Katung

lelang jabatan

Bula,Maluku – Empat bulan pasca dibuka, Hasil seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama eselon II dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) tahun 2017 hingga kini belum diumumkan. Alasan penundaan pengumuman hasil seleksi tersebut juga belum disampaikan panitia yang diketuai M. Lopulalan kepada publik. Padahal sesuai aturan, setiap tahapan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama eselon II harus disampaikan kepada publik lewat panitia yang telah dibentuk.

Sesuai jadwal yang tertera dalam pengumuman yang diterima media ini, pembukaan pendaftaran dimulai pada tanggal 28 November 2017, diikuti dengan memasukkan berkas pendaftaran. Selanjutnya seleksi administrasi tanggal 13-14 Desember, kesehatan/phisikotes 14-15 Desember, kompetensi manajemen/assesment 16-17 Desember, kompetensi bidang 18 Desember, rekam jejak/wawancara 19-20 Desember dan hasil seleksi dan pelaporan 21 Desember 2017.

Sejumlah kabupaten/kota di Maluku yang melakukan seleksi yang sama telah mengumumkan serta melantik pejabat eselon II yang dinyatakan lulus. Salah satunya adalah kabupaten Buru. Padahal, pembukaan pendaftaran lelang jabatan didaerah yang dipimpin bupati Ramly Umasugi itu baru membuka proses pendaftaran seleksi lelang jabatan setelah kabupaten SBT.

Terkatung-katungnya pengumuman hasil seleksi tersebut juga berdampak pada aktifitas disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) didaerah itu yang terlihat “lesu”. Belakangan beredar kabar, sebagian SKPD belum mendapat Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2018 lantaran menunggu pimpinan SKPD yang baru dari hasil seleksi.

Kondisi ini bila terus dibiarkan akan berdampak pada keterlambatan raelisasi pembangunan didaerah berjuluk “Ita Wotu Nusa” itu. Padahal, sebagai daerah pemekaran baru, sangat dituntut untuk cepat mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat proses pembangunan infrastruktur yang masih minim.

Seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama eselon II dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) tahun 2017 dilakukan sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka Dilingkungan Instansi Pemerintah.

Proses seleksi pejabat eselon II dilakukan untuk mengisi sejumlah jabatan. diantaranya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang, Kapala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Badan Penggulangan Bencana Dearah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemdes, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Kepala Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top