Seram Bagian Barat

Camat Seram Barat Buka Musrenbang Tingkat Desa Tahun 2018

salenusa

SBB,Maluku- Camat Seram Barat Rony Salenussa SPI,MPA, membuka Musrenbang Tingkat Desa,di tujuh Desa yang ada di Kecamatan Seram Barat, masing-masing, Lumoli, Morekau, Neniari, Kaibobu, Eti, Kawa dan berakhir di Desa Piru, bertempat di Kantor Negeri Piru, Kamis (8/2/2018).

Dalam sambutannya, Salenussa mengatakan, Musyawarah perencanaan Pembangunan yang dilakukan di tujuh Desa, di Kecamatan Seram Barat, hendaknya menjiwai Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yakni Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat yang sejahtera, Berbudi Perkerti Luhur dan berbudaya, juga berbasis potensi Ekonomo local.

Rumusan Visi Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat diselaraskan dengan visi rencana Pembangunan jangka Menengah (RPJM) tahun 2015-2919 yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat mandiri dan berkepribadian berlandaskan Gotong Royong. Juga Visi Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Maluku 2014-2019 yaitu mantapnya Pembangunan Maluku yang Rukun, Religius, Damai, Sejahtera, Aman, Berkualitas dan Demokratis yang dijiwai semanggat Siwalima berbais kepulauan secara berkelanjutan.

Dalam arahannya, Camat katakan musyawarah perencanaan sebagai agenda tahunan yang di lakukan oleh Pemerintah Daerah mulai di tingkat Desa dan di lanjutkan pada tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten sampai ketingat Nasional. Dia mengajak peserta Musrenbang untuk bisa memberikan pikiran Konstruktif, Ide, Gagasan dalam memboboti Program dan kegiatan yang direncanakan setahun ke depan.

Salenusa1

“Apa yang tidak bisa di bebankan dalam Anggaran Dana Desa bisa di Intervensi oleh Anggaran OPD Pemkab SBB ,baik lewat APBD Kabupaten, APBD Provinsi,dan APBN. sesuai Perda Bupati Seram Bagian Barat No.4 tahun 2018 untuk prioritas pengguna ADD untuk membiayai pelaksanaan dan kegiatan di Bidang Penyelenggara pemerintah Desa, Pembangunan Desa Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pembinaan Kemasyarakatan serta bidang tak terduga. Sedangkan Prioritas Dana Desa (DD) untuk membiayai Pelaksaan kegiatan di bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, “ Ungkap Salenusa.

Di tempat yang sama, Pejabat Negeri Piru Royanto Manupassa,Spt, mengatakan Musrenbang Desa Piru merupakan agenda Penting dalam perumusan Program dan kegiatan Prioritas Pemerintah Desa Piru TA 2018 yang di laksanakan dengan Visi Misi Kabupaten yang tertuang dalam RPJMD Kab. SBB 2019-2022 sesuai Perbup No 04, TA 2018,tentang juknis Prioritas pengguna ADD dan DD TA 2018 di Kab. SBB.

“Maka Pemerintah Desa sangat mengharapkan lewat Musrenbang ini melahirkan Program dan kegiatan yang menjadi kebutuhan dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan Masyarakat, di samping itu Proiritas pemberdayaan lebih di utamakan pada pembentukan BUMDes disertai dengan Dana Peryataan Modal sehingga dapat menjadi payung untuk menjadi kelompok Pemberdayaan bagi Masyarakat di Desa dan Dusun, “ ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua BPD, O.Mandaku, Bhabinkamtibmas Desa Piru, Bripka D, Salenussa, Babinsa Desa Piru, Serma S. Sekewael, Tokoh Adat Negeri Piru, D.Titawano, Tokoh Pemuda Desa Piru J.Kaya, dan para Kepala Dusun di Desa Piru. (IN-14/JSY)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com