Pendidikan

4 SMP di Ambon Akan Laksanakan UNBK

Fahmi Salatalohi
Kadis Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy

Ambon,Maluku – Empat sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Ambon akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salahtalohy kepada Wartawan, Kamis (1/2/2018) mengatakan, Empat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kota Ambon yang akan menerapkan UNBK yakni SMP Negeri 6, SMP Negeri 14, SMP Negeri 12 dan SMP Negeri 1 Ambon.

“Jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK mengalami penurunan dari tahun 2017 yang hanya empat sekolah, tahun 2017 ada 6 sekolah yang ikut UNBK. Kita berharap tahun ajaran berikutnya semakin banyak sekolah yang ikut menyelenggarakan UNBK,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan UN daring (online) merupakan upaya pemanfaatan teknologi informasi dan mencegah terjadinya kebocoran soal ujian.

Peralatan penunjang seperti komputer, jaringan internet, listrik, dan SDM telah ada sehingga saat pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan baik.

“Jika peralatan penunjang telah dipersiapkan, siswa juga harus dipersiapkan dengan berbagai latihan, terutama cara mengisi lembaran jawaban secara online,” ujarnya.

Ia mengakui, SMP di Kota Ambon pada umumnya memiliki komputer, namun belum bisa mencukupi dibandingkan dengan banyaknya peserta ujian.

Satu sekolah dengan peserta ujian 60 orang harus memiliki 20 komputer guna menangani tiga kelompok ujian masing-masing 20 orang setiap dua jam pelaksanaan UNBK.

“Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya penumpukan siswa di sekolah unggulan. Seluruhnya harus dilaksanakan secara objektif dan terbuka. Selain itu, juga mencegah manipulasi data dan hasil ujian siswa. Kami berharap ke depan semua dilaksanakan secara transparan,” katanya. (IN-01/EV)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com