Politik

Sebaran Dukungan HEBAT Memenuhi Syarat

Hebat1

AMBON,MALUKU – Hasil rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan atas nama Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath yang diplenokan oleh KPU Maluku, Senin (08/01/2018) ternyata masih jauh dari syarat minimum berdasarkan peraturan yang berlaku yakni 122.895 dukungan.

Pasalnya,hasil rekapitulasi dari hasil laporan 11 Kabupaten/Kota di Maluku disahkan hanya 71.485 dukungan Memenuhi Syarat (MS).

“Yang dicantumkan dalam BA 8 KWK perseorangan ,jumlah dukungan yang memenuhi syarat berdasarkan verifikasi faktual untuk bakal pasangan calon perseorangan atas nama Herman Koedoeboen dan Abdullah Vanath ini, seluruhnya berjumlah 71.485 dukungan. Terkait dengan jumlah dukungan minimum hasil verifikasi faktual yang tidak memenuhi syarat ini,dalam berita acara juga sudah dicantumkan bahwa jumlah kekurangan dari syarat yang ditetapkan adalah 51.410 dukungan. Dimana, kepada bakal pasangan calon perseorangan ini diwajibkan untuk memperbaiki jumlah dukungan itu agar mencapai minimum syarat yang ditentukan adalah dua kali dari jumlah kekurangan sebanyak 122.820 dukungan,” beber Komisioner KPU Maluku La Alwi bagian Divisi Teknis di Kantor KPU Maluku.

Sebut Alwi, sebarannya karena itu juga dinilai,itu tersebar di 11 kabupaten kota . Artinya, dari segi dukungan tidak memenuhi syarat dari dukungan minimum. Namun, sebarannya memenuhi syarat. Jadi, tahapan ini sudah masuk tahapan pendaftaran bakal pasangan calon. Dimana, diatur dalam undang-undang maupun peraturan KPU bahwa bakal pasangan calon perseorangan yang telah memperoleh formulir BA 8 KWK, apakah memenuhi syarat minimum jumlah dukungan atau tidak memenuhi, berhak untuk mendaftarkan diri sebagai bakal pasangan calon.

“Nanti kami akan melakukan proses penelitian terhadap jumlah kekurangan. Akan diberitahukan untuk diperbaiki pada masa perbaikan dokumen-dokumen dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan,”tandasnya.

Pada kesempatan yang sama,Ketua KPU Maluku Rivai Kubangun ungkapkan tadi telah selesaikan rekapitulasi dukungan pasangan calon perseorangan yang mana itu menjadi syarat pencalonan bagi bakal calon perseorangan untuk mendaftar.

“Jadikan mereka akan menjadwalkan pemberitahuannya besok. Kita akan lihat dan teliti syarat pencalonan dan syarat calonnya, nanti akan kita sampaikan. Karena, tahapan itu adalah tahapan pendaftaran.Selanjutnya ada tahapan penelitian dan pemeriksaan kesehatan dari RSUD. Kemudian ,ada juga yang namanya masa perbaikan baik dari gabungan partai politik maupun perseorangan,” kata Kubangun.

Ungkapnya lagi, jadi ada masa untuk perbaikan syarat-syarat calon. Untuk calon perseorangan, harus memasukan dua kali minimal kekurangan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang harus dimasukan pada masa perbaikan. Penyerahannya tanggal 18 sampai 20 Januari. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top