Maluku Utara

Ramai-ramai Bersihkan “Fort Oranje” Ternate

Bersih Benteng

Ternate,Maluku Utara- Korem 152/Babullah beserta jajaran melaksanakan kegiatan pembersihan cagar budaya Fort Oranje atau Benteng Orange yang berada di kawasan Kel. Gamalama Kota. Ternate Prov. Maluku Utara, Jumat (12/1/2018).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf I Wayan Suarjana, S.E., M.M., Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos serta diikuti oleh personel Korem 152/Babullah, Kodim 1501/Ternate, FKPPI, Masyarakat dan Siswa-siswi dari SD Islamiyah 1 Kota Ternate.

bersih benteng1

Benteng yang dibangun pada tahun 1607 tersebut juga merupakan Benteng Belanda pertama di Indonesia dan saat ini menjadi cagar budaya dibawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Keberadaan Benteng di tengah perkotaan tersebut menjadi ikonik dari wajah Kota Ternate sendiri, terutama setelah dilakukannya revitalisasi pada tahun 2016 lalu oleh Pemkot Ternate sehingga menjadikan Cagar Budaya tersebut semakin asri dan menjadi salah satu lokasi favorit masyarakat Kota Ternate untuk bersantai, oleh karenanya dalam rangka turut menjaga kelestarian, keindahan dan kebersihan lokasi bersejarah tersebut maka dilakukan pembersihan lingkungan Benteng maupun pemangkasan rumput ilalang yang mulai meninggi sehingga lokasi tersebut dapat tetap nyaman untuk dikunjungi.

Bersih benteng2

Ditempat yang sama Junaidi, Ketua RT setempat mengaku, masyarakat sangat mendukung dengan adanya kegiatan pembersihan Fort Oranje yang merupakan cagar budaya peninggalan sejarah tersebut, kedepan dirinya juga berharap agar kegiatan serupa bisa diadakan lagi karena dapat lebih mendekatkan TNI dengan masyarakat “bersama rakyat TNI kuat” pungkasnya.

Sementara itu disela-sela pembersihan Dandim 1501/Ternate menyampaikan bahwa pembersihan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap cagar budaya dan peninggalan sejarah, kita sengaja mengundang pihak sekolah khususnya tingkat sekolah dasar untuk dapat menanamkan secara dini kepada para generasi agar bisa mencintai tempat bersejarah dan cagar budaya sekaligus memberikan edukasi tentang sejarah Benteng yang disampaikan disela-sela kegiatan pembersihan, untuk itu dalam kesempatan ini juga saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Ternate mari kita bersama-sama merawat dan menjaga salah satu warisan peninggalan sejarah salah satunya adalah Fort Oranje atau Benteng Orange ini. (IN-01/PNM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com