Kota Ambon

Peringatan HUT-37, Wujudkan Profesionalisme Satpam Tanggap Kamtibmas

Satpam

Ambon, Maluku- Upacara Peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpm), ke-37 tahun 2018 dengan tema “Melalui Peningkatan Kompetensi Kita Wujudkan Profesesionalisme Satpam Dalam Rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja”, berlangsung di lapangan upacara Mapolres P.Ambon dan P.P.Lease, Sabtu (6/01/2017) pagi.

Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal H. Tito Karnavian, Ph.D, salam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kapolres P.Ambon dan P.P Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso, S.I.K, selaku inspektur upacara (Irup), menuturkan menyadari kebutuhan akan rasa aman, tidak hanya diemban oleh Polri semata, sejarah pembentukan Satpam pada 37 tahun lalu oleh Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr. Awaludin Djamin merupakan satuan pengamanan yang terdiri dari petugas-petugas yang terlatih dan terampil berperan sangat penting dalam menjaga sentra-sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat-tempat pelayanan masyarakat, sampai instansi-instansi Pemerintah, sebagi mitra kerja terdekat Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

Satpam2“Peringatan HUT Satpam yang ke-37 tahun 2018 ini, diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja, sekaligus refleksi pemulihan profesi Satpam sebagai sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya,”ucap Perwira menengah Polri berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi itu.

Kapolres, menuturkan, sejarah perjalanan pembentukan Satpam menujukan konsep Pemolisian, lahir, tumbuh dan berkembang secara demokratis, dari masyarakat,oleh masyarakat dan untuk masyarakat, serupa dengan sejarah terbentuknya Satpam di Indonesia yang didorong oleh kesadaran dan kebutuhan masyarakat akan rasa aman,sebagai pelengkap tugas Kepolisian.

“ Dengan fungsi Kepolisian yang dimilki oleh anggota Satpam, membuat dirinya diharuskan mampu mendeteksi potensi gangguan keamanan, melakukan upaya pencegahan, menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada petugas Kepolisian, serta melakukan tindakan pertama ditempat kejadian perkara,” tutur Kapolres.

Lanjutnya, kehadiran Satpam diharapkan dapat benar-benar memberikan kontribusi optimal dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya masing-masing. Terlebih tentang gangguan Kamtibmas ke depan akan semakin kompleks, seperti berbagai permasalahan terkait perburuhan, berbagai bentuk kejahatan di bidang perindustrian, serta berbagai bentuk kejahatan yang tidak hanya memerlukan keamanan fisik,namun juga memerlukan keamanan fisik, juga keamanan lokal.

Satpam3

“Untuk mewujudkan hal tersebut, peningkatan kompetensi anggota Satpam harus menjadi perhatian dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan, pendidikan, pelatihan dan sertifikasi anggota Satpam harus terus dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan. Pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi kepada organisasi perusahaan, serta instansi dari lembaga pemerintah yang telah berupaya meningkatkan kompetensi anggota Satpam. Karena melalui upaya yang sinergritas dan berkelanjutan dari seluruh pemangku kepantingan inilah peningkatan dan pemulihan profesi Satpam akan semakin memberi manfaat positif bagi masyarakat,” Tandasnya.

Dalam upacara HUT ke-37 Satpam, diberikan penghargaan kepada 3 orang Satpam teladan atas prestasi dan dedikasi serta tanggap terhadap persoalan keamanan, kenyamanan serta membantu masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas. Pemberian penghargaan Satpan teladan tersebut diberikan Kapolres P.Ambon dan P.P. Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso, S.I.K kepada Hendrik Nussy, anggota Satpam pada kantor PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Andre Pesurnay, Anggota Satpam pada Maluku City Mall (MCM) Ambon, R Latumapayahu, anggota Satpam pada kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku. (IN-07).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top