Kota Ambon

Pemkot Ambon Diundang Promosi Wisata di APCA USA

Richard Syarif

Ambon,Maluku- Pemerintah Kota Ambon diundang oleh Presiden Asosiasi Kebudayaan Asia Pasifik (APCA), May Lynn Davis sebagai peserta untuk mempromosikan Industri Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia khususnya di Kota Ambon mewakili Pemerintah Republik Indonesia, pada pembukaan Festival Tahun Baru Lunar (Imlek) 27 Januari 2018 di Amerika Serikat.

Rombongan yang dipimpin Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Wakil Ketua DPRD Ambon, Rustam Latupono tersebut, akan berada di Amerika tepatnya di Los Angeles (LA) dan Las Vegas (LV) selama 3 hari, sebelum akhirnya kembali ke Ambon melalui Hongkong dan Jakarta pada 31 Januari mendatang. Rombongan dijadwalkan bertolak ke AS, Kamis (25/1/18).

Pejabat Kadis Infokom dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz menyatakan, promosi keunggulan Ambon yang diprakarsai Asosiasi Kebudayaan Asia Pasifik tersebut, akan terfokus kepada masyarakat California Selatan, Amerika Serikat.

Dalam surat undangan yang dilayangkan 25 November lalu tersebut, disebutkan, Ambon sebagai bagian dari Asia Pasifik mempunyai banyak hal untuk ditawarkan dan diperkenalkan karena kekayaan dan keanekaragaman budaya yang telah diketahui lewat musik dan tari tradisional yang energik melalui ikatan Pela Gandong sebagai kehidupan masyarakatnya.

Festival Tahun Baru Imlek Asia Pasifik (Lunar Fest), merupakan acara tahunan Asosiasi Kebudayaan Asia Pacific yang dilaksanakan pada hari Sabtu setiap akhir bulan Januari untuk menyongsong tahun baru Imlek dan menampilkan beragam budaya dari Asia Pasifik.

Festival ini mewakili sejarah dan perayaan The Asian Komunitas di Riverside dan Southern California. Misi APCA adalah untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman tentang Budaya Asia Pasifik Amerika melalui keragaman, pendidikan dan perayaan.

APCA berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan entitas pendidikan untuk terus menindaklanjuti program budaya dan pendidikan di Southern California. Tujuan APCA adalah untuk meningkatkan harmoni rasial, mempromosikan cross-kesadaran budaya, saat merayakan dan memperingati tradisi Asia Pasifik dan Multikultural.

Oleh karena itu, panitia Festival Imlek Asia Pasifik akan mengadakan promosi budaya dan pariwisata. Diundangnya Pemkot Ambon diharapkan, ada investasi dan kemitraan masa depan antara Kota Ambon dan bisnis di Amerika Amerika Serikat.

Acara ini sendiri, akan dihadiri beberapa kota/komunitas dari negara-negara seperti, Jepang, China, Vietnam, Filipina,Taiwan, dan masih banyak lagi yang berpartisipasi, yang selalu hadir dalam acara sebelumnya yang diadakan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata negara-negara Se-Asia Pasifik. Delegasi Kota Ambon selanjutnya dijadwalkan akan diterima secara langsung oleh Konjen Republik Indonesia untuk Amerika Serikat dan dilanjutkan dengan Bisnis Meeting yang difasilitasi oleh KADIN Indonesia.

Terkait kunjungan tersebut sebagai pejabat Negara, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy sudah mendapatkan rekomendasi dari Kemendagri RI melalui suratnya nomor 098/490/OTDA perihal Ijin Perjalanan ke Luar Negeri yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah, Sonny Sumarsono atas nama Menteri Dalam Negeri RI.

Selain walikota dan wakil ketua DPRD Kota Ambon, rombongan lain juga terdiri atas, Pejabat Kadis Infokom Ambon, Kadis Perindag dan Kabid BeKraf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon. (IN-01/EN)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top