Militer

Pangdam Tegaskan Tindak Anggotanya yang Terlibat Politik Praktis

Pangdam3

Ambon,Maluku- Antisipasi tingkat kerawan serta meningkatnya suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Maluku di tahun 2018 , Kodam XVI/Pattimura, menggelar Apel Pasukan dalam rangka Pengamanan Pilkada serentak di Wilayah Maluku dan Maluku Utara, bertempat di lapangan upacara Makodam XBI/Pattimura, Selasa (9/01/2018).

Pangdam2Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam sambutannya mengatakan, Pilkada serentak tahun 2018, dibeberapa daerah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, yang merupakan wilayah kerja Kodam XVI/Pattimura yang memiliki 4 wilayah antara lain Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, terkait dengan itu semua, potensi konflik dan gesekan di masyarakat akan semakin meningkat serta suhu politik cenderung semakin tinggi hingga hari menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

“ Untuk itu, saya perintahkan agar seluruh jajaran Kodam XVI/Pattimura tetap mewaspadai setiap perkembangan situasi wilayahnya apabila ada indikasi ancaman, gangguan dan kerawanan terhadap keamanan pelaksanaan Pilkada serentak agar melakukan antisipasi segala kemungkinan terburuk. Rangkul tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta laksanakan sinergi dengan cara mem-back-up tugas Polri dalam pengamanan sesuai prosedur,” ungkap Jenderal TNI AD berpangkat dua bintang emas itu.

Lanjutnya, sebgai aparat keamanan yang dipercayakan masyarakat, hal yang lebih penting dalam Pilkada serentak tahun 2018 di Provinsi Maluku dan beberapa daerah lainnya dan Provinsi Maluku Utara adalah netralitas TNI, karena saat seperti inilah komitmen netralitas TNI akan diuji.

“Dalam pelaksanaan Pilkada serentak, saya mengharapkan agar peserta apel sekalian agar tetap menjaga kekompakan dan solidaritas, serta senantiasa menjalin hubungan dan kerja sama dengan unsur terkait dan sesama aparat keamanan lainnya secara harmonis dan terpadu. Bertindaklah secara rasional, profesional dan proporsional serta senantiasa dilandasi disiplin yang tinggi. Bilamana ada indikasi prajurit Kodam XVI/Pattimura yang tidak netral dalam Pilkada serentak segera laporkan dan akan kita proses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Pangdam. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com