Maluku Utara

PANEN RAYA DI LAHAN HASIL CETAK SAWAH HALBAR

Panen Raya baru1

Jailolo, Maluku Utara- Panen raya perdana padi seluas 20 Ha dari total 80 Ha lahan hasil cetak sawah di Tahun 2017 sukses dilaksanakan di Desa Tugu Air Kec. Sahu Timur Kab. Halmahera Barat Prov. Maluku Utara, (5/1/2018).

Kegiatan yang dihadiri oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf I Wayan Suarjana, S.E., M.M., Bupati Halmahera Barat Dany Missy beserta Sekda dan Pimpinan SKPD, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos, Kapolres Halbar, Kajari Halbar, Para kelompok tani dan masyarakat Desa Tugu Air.

Panen Raya Baru 3

Pada acara tersebut Bupati Halbar menyampaikan rasa syukurnya atas pelaksanaan panen raya perdana itu, dengan hasil yang cukup memuaskan. Hasil panen hanya dapat mencukupi kebutuhan daerah setempat, karena jumlah lahan sawah yang masih terbatas. Olehnya itu, di Tahun 2018 Pemda setempat akan mendapatkan bantuan cetak sawah seluas 70 Ha.

Senada dengan Bupati, Anselmus salah seorang warga setempat mengaku senang dengan adanya panen raya itu, karena sebelumnya masyarakat hanya mengandalkan hasil kebun seperti pisang maupun kelapa untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun hal tersebut berbeda saat adanya program cetak sawah.

Panen raya baru2

“Namun semenjak awal pelaksanaan cetak sawah memang sempat ada rasa ragu di benak kami apakah kita mampu, namun berkat dukungan dari Pemerintah maupun pendampingan TNI dalam hal ini Babinsa yang selalu mendampingi dan mengarahkan kami sehingga kami sangat bersyukur dapat berhasil hingga panen ini, kami juga berharap akan ada penambahan lahan sawah baru di Desa kami karena masih banyak warga yang belum kebagian untuk menggarap lahan pertanian padi ini, ” Terangnya.

panen raya baru 4

Sementara itu pada kesempatan yang sama Danrem 152/Babullah Kolonel Inf I Wayan Suarjana, S.E., M.M., menyampaikan, panen raya perdana itu merupakan puncak dari serangkaian proses dari mulai cetak sawah, penanaman hingga panen.

“Untuk itu saya berpesan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan yang telah ada dengan sebaik-baiknya, setelah panen, segera tanami kembali agar masyarakat dapat memperoleh manfaat secara maksimal, ” jelasnya. (IN-01/PNM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com