Maestro

Merindukan Sosok Karel, Dari Maluku Untuk Indonesia

Karel Ralahalu
Brigjend TNI (Purn) Karel Albert Ralahalu

S osok Brigjend TNI (Purn) Karel Albert Ralahalu tidak pernah terlupakan jasanya bagi rakyat Maluku. Mantan Gubernur Maluku dua periode ini (2003-2013), begitu lunak abdi kerjanya membangun Maluku 10 Tahun lalu. Sosoknya kini mulai dirindukan, tatkala ia mulai membangun network nasional setelah melepas jabatannya menjadi Gubernur.

Baru lima tahun lalu pak Kace (sapaan akrab Karel) memparipurnakan baktinya meletakan dasar pembangunan Maluku. Banyak kemajuan yang dirasakan masyarakat, banyak pula perubahan dimana-mana hampir di semua daerah. Sejatinya, Karel berhasil “menyulap” pembangunan Maluku yang tadinya dalam keadaan konflik dan terpuruk berubah drastis kearah yang lebih baik.

Karel sudah membuktikan dirinya dalam melayani umat dan rakyat Maluku dengan sepenuh hati. Pelayanan yang pro rakyat, pembangunan populis serta kesejahteraan masyarakat adalah kunci kerja nyata yang telah di hasilkan. Sehingga dari sosoknya yang humanis dan pelayan, rakyat justru merindukan sosoknya agar kelak menjadi pemimpin pada level nasional.

Setelah tidak lagi menjadi Gubernur Maluku, ada kehendak masyarakat Maluku dewasa ini menghendaki kembali pak Karel menjadi pemimpin pada level nasional. Paling tidak menjadi bagian penting dan strategis dalam pengambilan keputusan kebijakan nasional. Apalagi kebijakan yang bersentuhan langsung dengan kemaslahatan dan pembangunan di Maluku. Artinya, Posisi Karel jika masuk dalam sistem kekuasan pengambilan keputusan Kebijakan Nasional di tingkat pusat. Maka ini akan menjadi alaram positif dan berkah buat rakyat Maluku. Mereka (rakyat red) lebih menginginkan kembali Pak Karel ikut bagian dalam ivent Pemilihan Legislatif menjadi Calon Anggota DPR-RI pada pemilu 2019 mendatang.

Memang sosok Karel adalah pekerja keras, ulet dan tekun dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Justru masyarakat Maluku lebih simpatik pada sosok yang satu ini. Selain sudah teruji kinerjanya juga paiawai dalam membangun Maluku.

Menjadi wakil rakyat di tingkat pusat itu tidak mudah. Banyak pekerjaan rumah di Maluku yang harus di selesaikan di level pusat, misalnya, pembangunan Provinsi Kepulauan, Membangun Kawasan Ekonomi Khusus, pemberdayaan masyarakat, pengembangan UMKM, pengentasan kemiskinan, pemberantasan korupsi dan mewujudkan infrastruktur Lumbung Ikan Nasional. Belum lagi membangun Maluku sebagai ikon kawasan maritim Indonesia dan dunia dan serta mendorong kekuatan ekonomi rakyat yang berbasis kepulauan yang mandiri, kuat dan sejahtera.

Misi inilah yang menjadi arus gerak perjuangan Pak Karel selanjutnya dalam memperjuangkan Maluku di pemerintahan Nasional. Maka tidak salah lagi, jika rakyat Maluku dorong Karel A. Ralahalu selaku putra terbaik Maluku maju dari Legislatif di tingkat pusat untuk memperjuangkan nasib Maluku dari sisi parlemen.

Perlu di ingat, bahwasanya Karel adalah putra terbaik Maluku saat ini. Berpengalaman dalam mengelola kebijakan pemerintahan, punya jaringan networking nasional serta memiliki jejak rekam yang positif dan konstruktif di mata publik Maluku. Maluku di tangannya di level pusat akan membawa angin segar bagi upaya peningkatan pembangunan Maluku.

Selain kompeten, cakap, kerja keras juga melayani dengan hati. Sikap ksatria yang kuat melekat dalam dirinya sebagai mantan Jenderal, justru menjadi point plus untuk menggerakkan kekuatan otak dan konsepnya dari pusat demi membangun Maluku di daerah. Maka tidak salah lagi, kalau masyarakat masih percaya dan menaruh harapan besar dalam dirinya untuk kembali berbakti memajukan negeri rempah-rempah ini di tingkat pusat.

Kerjanya nyata, loyalitasnya untuk rakyat, dan membangun untuk kesejahteraan masyarakat adalah ciri khas dari sosok yang sangat dekat dengan masyarakat Maluku ini. Keinginan kita agar Maluku lebih maju, lebih sejahtera dan berdaya saing dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia, Karel adalah harapan kita satu-satunya di tingkat pusat untuk memperjuangkan aspirasi seluruh masyarakat Maluku. (W.M)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com