Hukum & Kriminal

Lari Dari Rutan Polsek Sorong Barat, Tersangka Kasus Asusila Dibekuk Polres SBT

tersangka kasus asusila
Tersangka Kasus Asusila Ibrahim Rumasukun (Tengah) sedang digiring oleh Kasat Reskrim SBT, dan Anggota Reskrim, Selasa (2/01/2018) di Pelabuhan Sesar, Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur

Ambon,Maluku- Meloloskan diri dari rumah tahan Polsek Sorong Barat, Polres Sorong, dengan cara menggergaji terali besi sel dan menjebol atap plafon sel, Senin (1/1/2018) lalu, Ibrahim Rumasukun (33 tahun) warga Seram Timur, tersangka kasus pemerkosaan, akhirnya dibekuk oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Seram Bagian Timur, (SBT), pada Selasa, (2/01/2018), sekitar pukul 17.00 WIT (jam 5 sore), dilokasi pelabuhan Sesar, Bula,Kabupaten Seram Bagian Timur.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol, Mohamad Roem Ohirat, kepada Wartawan diruangan kerjanya, Rabu (3/01/2018), menjelaskan Ibrahim Rumasukun ditangkap oleh Satreskrim Polres SBT dipelabuhan Sesar, Bula, Selasa (2/01/2018) saat tersangka turun dari KM Fajar Baru yang baru tiba dari Sorong.

” Tersangka ditangkap Tim Reskrim Polres SBT bergerak ke pelabuhan Sesar untuk melakukan swiping pada penumpang KM Fajar Baru yang tiba dari pelabuhan Sorong. Setelah melakukan swiping terhadap pera penumpang KM Fajar yang baru tiba di Pelabuhan Sesar SBT tujuan Sorong- SBT, pukul 17.00 WIT (jam 5 sore), Tim Reskrim Polres berhasil menangkap tersangka yang saat itu telah berada di dermaga pelabuhan Sesar dan langsung mengamankan tersangka Ibrahim Rumasukun menuju Mapolres SBT untuk dilakukan Interogasi, dokumentasi dan selantjutnya berkoordinasi dengan Kasat Reskrim Polres Sorong Kota dan Kapolsek Sorong Barat, ” ungkap Perwira menengah Bid Humas Polda Maluku berpangkat Komisaris Besar Polisi itu.

Dikatakan, tersangka baru diketahui melarikan diri dari rutan Polsek Sorong Barat, Senin (1/01/2018), sekitar pukul 02.30 WIT (jam setengah 3 subuh), saat KA SPKT Polsek Sorong Barat AIPTU Sambite bersama Kanit P3D Polsek Sorong Barat AIPTU LA Ode Tamrin dan Anggota Jaga Brigpol Riswanto melakukan patroli pengecekan tahanan di Rutan Polsek Sorong Barat.

” Saat melakukan patroli pengecekan tahanan pada, pukul 03.00 WIT (jam 3 subu), salah satu tahanan bernama Agus memanggil Anggota Piket Polsek Sorong Barat untuk meminta dirinya dikeluarkan untuk bertemu istri yang berada di rumah, namun permintaan saksi tidak di penuhi oleh anggota jaga Brigpol Riswanto. Selanjutnya anggota tersebut juga melakukan pengecekan tahanan yang mana saat itu jumlahnya masih lengkap sejumlah 7 orang,” ucap Kabid Humas.

Ditambahkannya, aksi Imran Rumasukun baru diketahui oleh anggota piket Polsek Sorong Barat pada pukul 03.30 WIT, setelah Anggota Piket Polsek Sorong Barat Brigpol Riswanto diberitahu salah seorang tahanan rutan Polsek Sorong Barat berinisial W yang menyampaikan tersangka Ibrahim Rumasukun telah Melarikan diri dengan cara memotong jeruji besi.

Mengetahui adanya tahanan kabur, Brigpol Riswanto yang saat itu sedang piket langsung menghubungi Kapolsek dan jajaran Anggota Polsek Sorong Barat untuk melakukan pencarian/pengejaran terhadap tersangka Ibrahim Rumasukun.

Setelah berhasil menjebol jeruji besi Polsek Sorong Barat, tersangka kemudian keluar dan menunggu ojek sekitar 100 meter dari Polsek sambil menunggu kedatangan kapal yang akan ke Bula SBT. Selanjutnya setelah kapal Fajar Baru sandar di dermaga pelabuhan Sorong,tersangka langsung naik ojek menuju kapal.

” Kemarin sore, Selasa (2 /01/2018 sekira pukul 17.00 WIT, Kapal Fajar Baru tiba di pelabuhan Sesar Bula SBT dari Tim Polres SBT di pimpin Kasat Reskrim Polres SBT IPTU La Beli melakukan pemeriksaan terhadap semua penumpang yang akan turun maupun  akan melanjutkan perjalanan menuju Gorom. Tersangka akhirnya dapat diringkus dan dibawa ke Polres SBT untuk diamankan sambil menunggu penjemputan dari Polres Sorong, Papua Barat, “Tuturnya

Lanjutnya, tersangka Ibrahim Rumasukun merupakan pelaku tindak pidana pemerkosaan yang teregister dalam laporan Polisi nomor: LP/447/XII/2017/Papua Barat/Res Sorong Kota, tentang tindak pidana pemerkosaan.

” Kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh tersangka terjadi pada, (27/11/2017) tahun kemarin, sekitar pukul 20.00 WIT (jam 8 malam) di Jl.Bukit Baru, Kelurahan Klabala,Distrik Sorong Barat, Kota Sorong. Tersangka Ibrahim Rumasukun dijerat dengan pasal 258 KUH Pidana dan ditahan Rutan Polsek Sorong Barat,” Tandasnya. (IN-07).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com