Militer

Kunjungi Polda Maluku, Kompolnas RI Tegaskan Netralisasi Polri Di Pilkada

Kompolnas RI

Ambon,Maluku – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dibeberapa daerah di Indonesia termasuk Maluku, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI hadir di Bumi Seribu Pulau ini untuk memperingati Polri agar tetap menjaga netralitasnya.

Dalam rapat terbatas Insperktur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Maluku dengan Kompolnas RI, di ruangan rapat utama (Rupatama) Polda Maluku, Senin (29/01/2018), keduanya juga membahas beberapa hal termasuk netralitas Polri dalam Pilkada.

Dalam kunjungannya ke Polda Maluku itu Kompolnas RI yang diwakili oleh Ketua Tim Andre H. Pulungan,SH,M.Hum,MTCP, bersama Kompol Imam Imanudin,S.IK,SH,MH, (Anggota), diterima secara langsung oleh Kombes Pol. Purwolelono,S.IK,MM, didampingi Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol. Gatot Mangkurat Putra P.J. S.IK, beserta Kapolres sejajaran Polda Maluku.

Kompolnas RI 2Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Deden Juhara,dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Irwasda Polda Maluku Kombes Pol. Purwolelono,S.IK,MM, mengatakan sesuai dengan peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2011, Kompolnas adalah Lembaga Kepolisian Nasional yang melaksanakan fungsi pengawasan fungsional terhadap kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan Integritas anggota maupun pejabat Polri.

” Berkaitan dengan netralisasi Polri di Maluku jelang Pilkada di Maluku tahun 2018, Pak Kapolda selalu mengingatkan dan menyerukan kepada semua jajaran Polda Maluku untuk menjaga netralitas dan tidak berpihak pada kandiditan pasangan Politik dalam Pilkada serantak yang dilakukan di Provinsi Maluku,” ungkap Perwira Polri bepangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) itu.

Sedangkan Andre H. Pulungan,SH,M.Hum,MTCP, selaku perwakilan Kompolnas RI, dalam sambutannnya berharap pelaksanaan Pilkada di Maluku nanti Polri benar-benar dapat menciptakan netralitas juga dapat mensukseskan perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan tahun 2018.

Mabes Polri Turunkan Tim Pamatwil

Sementara itu, Polda Maluku juga mendapat kunjungan dari team Pamatwil Mabes Polri dalam rangka Asistensi Operasi Kepolisian Mantap Praja 2018. Dalam kunjungannya ke Polda Maluku ,Tim Pamatwil Mabes Polri dihadir oleh mantal Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Ilham Salahudin,SH,M.Hum (Ketua Tim Pamatwil Mabes Polri Dan Asistensi Ops Mantap Praja 2018), mantan Waka Polda Maluku Brigjen Pol. Musa Ginting, beserta rombongan Pamatwil Mabes Polri lainnya. Kunjungan Pamatwil Mabes Polri ke Polda Maluku teraebut disambut secara langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Deden Juhara, Waka Polda Maluku Brigjen Pol. Drs. Daniel Pasaribu, Brigjen Pol. Drs. Hasanudin,SH,MH, (Pejabat Waka Polda Baru), Irwasda Maluku Kombes Pol. Purwolelono,S.IK,MM, para Pamen serta para Kapolres jajaran Polda Maluku.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Deden Juhara,, dalam sambutannya, memaparkan mengenai persiapan dan kesiapan Polda Maluku menjelang pengamanan pemilihan Kepala Daerah di Maluku yang nantinya akan dilakukan dalam upacara gelar pasukan Operasi Mantap Praja tahun 2018.

” Guna memastikan berbagai upaya tersebut dapat terlaksana di semua jajaran, maka saya telah menerbitkan surat perintah pembentukan tim Pamatwil, asistensi, dan supervisi. Tim ini akan melakukan peninjauan secara langsung ke seluruh Polda yang melaksanakan pengamanan Pilkada, dengan tugas pokok antara lain; memberikan jukrah dalam melakukan mapping potensi konflik social selama pelaksanaan Pilkada; memberikan arahan kepada wilayah dalam mengantisipasi pemanfaatan politik identitas berlatar SARA yang berkembang di masyarakat; melakukan pengecekan terhadap tindak lanjut jukrah pimpinan dalam rangka Pam Pilkada; serta melakukan monitoring dan asistensi terhadap perkembangan situasi gangguan kamtibmas yang terjadi selama pelaksanaan pilkada 2018,” Ungkap Jenderal Mabes Polri bepangkat dua emas yang juga pernah menjabat sebagai Kapolda Maluku itu.

Dikatakannya, Kapolri berharap agar keberadaan Tim Pamatwil Mabes Polri yang diturunkan ke setiap Polda-Polda melakukan Pilkada di tahun 2018, akan semakin memperkuat langkah dan upaya Polda dalam mengawal dan menciptakan kondisi yang kondusif ditengah-tengah masyarakat selama proses pemilihan kepala daerah berlangsung. (IN-07).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top