Seram Bagian Timur

Keliobas Harap DD/ADD Dikelola Secara Terbuka

Bupati SBT lantik

Bula,Maluku- Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas berharap pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) bisa dilakukan secara terbuka. Keterbukaan pengelolaan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu dimaksudkan untuk mempercepat tingkat Kesejatraan masyarakat desa.

Hal ini disampaikan bupati Keliobas saat memberikan sambutan pada acara pelantikan kepala Pemerintah negeri Kilbat dan kepala Pemerintah Negeri Kilmoy Kecamatan Tutuktolu diaula pandopo bupati pada Sabtu, (20/1/2018).

“Dana ini adalah dana yang diperuntukkan kepada masyarakat, ini bukan dana pribadi, sehingga dalam menyusun program-program yang mempercepat Kesejatraan masyarakat harus secara terbuka, secara transparan dan jangan tertutup, “ungkapnya.

Kata dia, dalam mengelola dana tersebut, para kepala desa harus melibatkan seluruh masyarakat dalam penyusunan program kerja. Sehingga program yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Selain itu, keterlibatan masyarakat untuk mengetahui seberapa besar anggaran yang diperoleh setiap tahunnya.

“Harus dijelaskan ke masyarakat bahwa inilah kekuatan dana kita, inilah kekuatan DD kita, mau dikemanakan? Mau dibangun apa? Harus dijelaskan secara terbuka kepada semua, “katanya.

Dia berharap, pengelolaan dana desa harus melibatkan semua pihak yang ada desa. Ini dimaksudkan agar masyarakat desa tidak saling bersatu dan bergotong-royong dalam membangun desa.

“Karna pengalaman cukup banyak yang saya dapatkan bahwa ketika pelantikan kepala Pemerintah negeri selesai maka yang diperhatikan hanya kelompok yang mendukung sementara yang menolak tidak diperhatikan, dan ini yang menjadi potensi-potensi kehancuran yang ada di negeri (desa), “imbaunya.

Mantan ketua DPRD SBT ini berharap, para kepala desa juga harus mampu menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi didesa agar masyarakat tidak serta-merta melaporkan persoalan yang dihadapi ke tingkat yang lebih tinggi.

“Kepala desa adalah ujung tombak pemerintahan di negara ini, memiliki kewenangan untuk menyelesaikan persoalan sebelum sampai ke camat dan bupati. Itu adalah program kita semua, “harap orang nomor satu di SBT.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut, ketua DPRD SBT Agil Rumakat dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab SBT. Kepala Pemerintah Negeri yang dilantik adalah Mohamad Yusuf Rumatumia sebagai kepala Pemerintah Negeri Kilmoy dan Aminudin Kelimagun sebagai Kepala Pemerintah Negeri Kilbat, Kecamatan Tutuktulo. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top