Hukum & Kriminal

Curi Motor Warga, Pasangan Kekasih yang masih Mahasiswa Diringkus Polisi

02032016-curanmor-di-kampus_20160302_181055

Ambon,Maluku- Oknum Mahasiswa dan Mahasiswi di dua Universitas di Kota Ambon, akhirnya digelandang oleh Unit Buru Sergap (Buser), Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres P.Ambon dan P.P.Lease, saat hendak melakukan pencurian sepeda motor milik salah seorang pengunjung swalayan Maluku City Mall (MCM), ditempat parkiran MCM, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, (11/01/2018),sekitar pukul 20.30 WIT (jam setengah 9 malam).

Kasat Reskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease,AKP Teddi,S.I.K, kepada Wartawan diruangan kerjanya, Selasa (16/01/2018), menjelaskan, untuk mengungkap maraknya kasus pencurian sepeda motor, masyarakat yang terjadi di Kota Ambon, Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease ,berhasil mengamankan 2 orang pelaku pencurian sepeda motor milik korban Julio Hursepuny (24 tahun), di parikiran swalayan MCM Ambon.

Dalam menjalankan aksinya, Pelaku F.K (24 tahun), tak sendiri. Dia bersama dengan kekasihnya A.A.P (19 tahun).

“Kamis malam kemarin sekitar pukul 20.30 WIT ( jam setengah 9 malam), Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease,berhasil mengamankan 2 pelaku pencurian sepeda motor milik salah seorang pengujung swalayan MCM yang hendak dibawa lari oleh pelaku di tempat parkiran MCM. Kedua pelaku yang berhasil diamankan oleh Unit Buser Satreskrim Satrekrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease adalah pasangan kekasih,” tutur Perwira Pertama Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease berpangkat tiga balok emas itu.

Dijelaskannya, kronologis kejadiannya berawal dari, pada hari Rabu (10/01/ 2018 pukul 20.00 WIT (jam 8 malam), pelaku F.K, bernoncengan bersama pacaranya A.A.P menggunakan sepeda motor Mio,milik pelaku F.K datang ke lokasi parkiran swalayan MCM. Kemudian pelaku F.K, menyuruh A.A.P pacarnya untuk menunggu di depan jalan raya sedangkan pelaku F.K masuk ke tempat parkir motor di lapangan Futsal, samping Swalayan MCM Ambon.

” Sesampai di tempat parkir parkir lapangan Futsal MCM,pelaku F.K. mulai melakukan aksinya dengan mendorong sebuah sepeda motor Honda Beat ke jalan raya,kemudian menyuruh A.A.P, pacarnya untuk naik ke atas motor curiannya sedangkan pelaku F.K naik sepeda motor Mio miliknya dan menuju ke arah Rumah Sakit Umum (RSU) Desa Tulehu dan memakirkan motor curiannya di parkiran RSU Tulehu,”Ucapnya.

Dikatakannya, untuk menghilangkan jejak agar sepeda motor yang dicuri tidak dikenali oleh pemiliknya, Kamis (11/01/2018), sekitar pukul 08.00 WIT (jam 8 pagi), pelaku F.K bersama dengan A.A.P, pacarnya itu berboncengan dengan sepeda motor milik A.F, pergi ke RSU Tulehu untuk mengambil sepeda motor hasil curian,untuk dibawa ke bengkel guna mengganti rumah kunci motor tersebut. Usai mengganti rumah kuci motor Beat yang dicuri olehnya, pelaku F.K,menyuruh pacarnya A.A.P untuk pulang kerumah sedangkan dirinya melanjutakan perjalanan membawa motor Beat tersebut kebelakang swalayan MCM.

” Julio Hursepuny sang pemilik sepeda motor Baet yang mengenali motornya memberitahu Unit Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease,” tutur AKP Teddi.

Lanjutnya, setelah mendapat informasi dari korban, Julio Hursepuny, Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease akhirnya langsung turun ke TKP dan melakukan pengintaian terhadap pelaku pencurian sepeda motor milik Julio Hursepuny.

” Setelah melakukan pengintaian kurang lebih 5 jam di parkiran belakang MCM, sekitar pukul 20.00 WIT (jam 8 malam), pelaku F.K akhirnya keluar dari MCM dan hendak mengambil sepada motor curiannya itu, langsung disergap oleh Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease yang ada di TKP dan langsung membawa pelaku F.K untuk diamankan dan diperiksa lebih lanjut oleh Penyidik Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease,” Pungkasnya

Ditambahkannya, selain mengamankan pelaku F.K, Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease juga mengamankan pelaku A.A.P dirumahnya di Desa Tulehu,Kecamatan Salahutu,Kabupaten Maluku Tengah. Dari pemeriksaan penyidikan, Satreskrim akhirnya menetapkan pelaku F.K, sebagai tersangka dan ditahan dirutan Polres P.Ambon dan P.P.Lease dengan barang bukti berupa 3 buah sepeda motor yang juga dicuri oleh tersangka F.K.

Sedangkan untuk pelaku A.A.P tidak ditahan dan akan menjadi saksi dalam penyidikan lanjutan.

” Dengan ditangkapnya,tersangka F.K,Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease masih terus melakukan pengembangan penyidikan dalam mengusut sindikat pencurian sepeda motor di Kota Ambon. Tersangka F.K, dijerat dengan pasal 362 KUH Pidana dengan hukuman penjara 5 tahun,” Tandasnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top