Maluku

Wagub : Kita Terus Berjuang Wujudkan Maluku Poros Maritim Indonesia

Hari Nusantara

AMBON,MALUKU – Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Zeth Sahuburua tegaskan,akan terus berjuang hingga Provinsi Maluku ditetapkan sebagai Poros Maritim Indonesia.

“Dengan luas laut yang sangat signifikan serta memiliki 1.340 buah pulau. Maka kita juga mau tawarkan Maluku sebagai Poros Maritime Indonesia.Kita akan memperjuangkannya terus ,”ungkap Wagub,usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Nusantara ke-17,di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku,Rabu (13/12/2017).

Kalau jadi Poros Maritim Indonesia sebutnya, tentu segala kebutuhan yang kita perlukan penting bagi kita ,terutama infrastruktur . Ada sekian banyak pulau dan kita punya laut sangat besar jadi laut tidak memisahkan kita tapi laut menghubungkan kita.

” Oleh sebab itu, laut Maluku sebagai aset kita. Kalau laut dihitung sebagai aset , kita berikan sarana transportasi yang banyak. Seperti,infrastruktur pelabuhan, jalan, jembatan, pelabuhan laut, juga udara yang sangat penting bagi kita. Kalau sudah dijadikan Poros Maritim Indonesia, berarti dia merupakan sentral dari Indonesia ini. Dan kita bisa buktikan itu,”ungkap Wagub.

Sebutnya,Maluku bisa buktikan itu,kenapa?laut harus dihitung sebagai aset kita. Kita ingin jadikan Maluku Poros maritim Indonesia karena kita terbukti mempunyai daerah geografis yang memungkinkan.

“Kita harus dorong terus. Kita sudah satu kali tekad, kita berjuang terus. Perspektif pemerintah pusat yang masih pertimbangan kontinental ketimbang kepulauan. Memang itulah pemahaman yang mungkin sedikit berbeda dengan kita.Saya kira itu selalu kita suarakan .Apabila pendekatan berdasarkan wilayah kontinental maka kita di daerah kepulauan akan mengalami kemunduran. Karna laut itu besar, sedangkan darat itu kecil. Sehingga bantuan pempus dihitung dari luas daratan dan jumlah Penduduk,”herannya. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top