Politik

Verifikasi Faktual, KPUD Sasar PSI SBT

PSI SBT

Bula,Maluku- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas (PSI) Kabupaten Seram Bagian Timur, Sabtu (17/12/2017) diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). KPUD memulai verifikasi faktual partai politik (parpol) yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

“Hari ini KPUD SBT gelar verifikasi faktual, yang juga oleh KPU seprovinsi Maluku,” ungkap Keta KPUD Kabupaten SBT, Junedi Mahad.

Lebih lanjut Mahad mengatakan, KPU menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sebagai rujukan verifikasi faktual di lapangan. Sebab, data-data parpol seperti kepengurusan, kantor dan syarat-syarat lain sudah diisikan dan didokumentasikan dalam Sipol.

Sebagaimana diketahui, 12 parpol dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan berhak melaju ke tahapan verifikasi faktual. Sebanyak 10 parpol diantaranya adalah parpol peserta Pemilu 2014, dan dua partai baru yakni PSI dan Perindo.

Senada dengan Mahad, Kisman Kelian Anggota Komisioner KPU menyatakan hal yanng sama. Ditemui saat menyambangi Kantor DPD PSI Kabupaten SBT di jalan Pancasila, Kelian mengatakan, pihaknya tetap pada koridor atau aturan dalam pelaksanaan verfikasi faktual.

“Hari ini kami KPU Kabupaten SBT mendatangi kantor DPD PSI Kabupaten SBT dalam rangka Verifikasi Faktual Kepengurusan DPD dan keanggotaan,” ungkap Kelian.

Mewakili Komisioner KPU Kisman Kelian mengatakan, kunjungan KPU Kabupaten SBT, dalam rangka kunjungan partai faktual yang telah diamanatkan oleh KPU pusat hingga provinsi.

“Pengurus PSI SBT telah menyiapkan prasyarat yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Kelian juga menambahkan, pada prinsipnya KPU tetap melayani pemilu 2019, KPU selalu berkonsultasi untuk kebutuhan bersama.

Sementara itu, Syamsul Bahrum Rumata, ketua DPD PSI Kabupaten SBT sebelumnya mengaku telah siap sepenuhnya ketika diferivikasi oleh KPU.

“Nyatanya, hari ini kami telah diferivikasi dan tidak ada masalah,” terang Rumata.

Rumata meyakini, PSI Kabupaten SBT akan lolos ferivikasi faktual KPUD SBT. Hal ini karena usaha dan upaya kader serta pengurus yang mana telah berlangsung lama guna menyabut fervikasi ini.

“Saya sangat mengapresisasi dan bertermikasih kepada Bro dan Sis (sapaan khusus PSI) yang telah berjuang bersama. Tak lupa, kepada KPUD SBT, Kami secara kelembagaan mengakui kinerja dan profesionalisme anggota KPUD SBT yang mana telah mendampingi 12 Parpol hingga lolos verifikasi adminitrasi beberapa waktu lalu,” tutup Rumata. (IN-01/Rull)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top