Nasional

Tol Laut,Pempus Masih Punya Banyak PR

Tol Laut

JAKARTA- Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono mengatakan, program pemerintah  Jokowi dan Jusuf Kalla yakni Tol Laut dalam 2 tahun ini ,sudah menunjukkan adanya peningkatan ekonomi, kenaikan arus barang, serta penurunan harga beberapa bahan pokok di Kawasan Timur Indonesia. Namun demikian ,masih banyak PR yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Pusat (Pempus), guna mengefektifkan Tol Laut tersebut.

“Masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Pusat (Pempus), guna mengefektifkan Tol Laut .Diantaranya,membangun infrastruktur dan sarana prasarana pendukung pelabuhan agar terjadi percepatan proses angkut darat ke kapal, serta peningkatan kemampuan SDM dan kapasitas Pemerintah Daerah,”ungkap Nono di Jakarta,Kamis (28/12/2017).

Kata Senator daerah pemilihan Maluku ini,suksesnya program Tol Laut juga ditentukan oleh berkembangnya industri maritim, utamanya industri galangan kapal.

Menurutnya, walaupun pengembangan industri maritim bukan semata hanya untuk kepentingan Tol Laut saja, tetapi juga untuk kepentingan lainnya seperti pertahanan dan lainnya. Kemudian, guna memacu pertumbuhan industri maritim tersebut, maka Pemerintah sudah seharusnya memberikan insentif, diantaranya berupa suku bunga pinjaman yang rendah.

Disisi lain, mantan Komandan Korps Marinir & Kepala Basarnas ini, juga menyatakan bahwa lintasan utama tol laut umumnya melalui daerah- daerah Kepulauan yang memiliki disparitas yang cukup besar bila dibandingkan dengan daerah daratan/kontinental (Pulau Besar).

“Untuk itulah diperlukan penguatan Daerah Kepulauan melalui regulasi adanya UU Daerah Kepulauan, agar dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerahnya dan juga mampu menyediakan infrastruktur untuk pengumpan (feeder) nya, yang pada akhirnya akan memaksimalkan efektifitas arus balik muatan Tol Laut,”tuturnya.

Selain itu, untuk memacu efektivitas tol laut dengan muatan yang berimbang dan optimal tambahnya, Pemerintah Daerah juga perlu menginventarisir sumberdaya apa yang dimiliki dan potensial untuk dikembangkan serta dibutuhkan oleh wilayah lain. Juga, ketersediaan energi listrik merupakan hal yang paling pokok untuk menumbuhkan industri- industri yang mendukung efektifnya Tol Laut. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top