Maluku Tengah

Peringati 68 Tahun Pengibaran Merah Putih di Leihitu

Leihitu

Ambon,Maluku- Peringatan 68 tahun kenaikan bendera merah putih yang pertama kali yang dikibarkan di Negeri Leihitu,Kecamatan Leihitu,Kabupaten Maluku Tengah (Malteng),pada (27/12/1949), kembali diperingati oleh masyarakat Hitu Mesing, bersama dengan Pemerintah Provinsi Maluku,Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, serta melibatkan jajaran TNI, Polri serta Organisasi Kemasyarakat,yang berlangusng dipelataran rumah Raja Negeru Hitu Mesing, Rabu (27/12/2017).

Kapolsek Leihitu IPTU Djafar Lessy,SE, kepada Intim News,melalui pesan selulernya, Rabu (28/12/2017), mengatakan upacara peringatan 68 tahun berkibarnya Bendera Merah Putih di Jazirah Leihitu, mengusung tema “Menjadikan Negeri Hitumessing Sebagai Negeri Perjuangan Menuju Jaziirah Leihitu yang Aman dan Damai”.

” Upacara peringatan 68 tahun berkibarnya bendera merah putih di tanah Leihitu tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Asisten II Gubernur Maluku, Halim Datis dan bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Inf. Hadi Mukti dan digelar dipelataran rumah Raja Hitu Mesing. Upacara tersebut juga dihadiri secara langsung oleh, Danrem 151/Binaya Kolnel Inf. Christian Kurnianto Tehuteru, Dandim 1504/Binaya Letkol Inf.Fendri, Anggota DPRD Maluku Tengah, Ruslan Hurassan SE, Danramil 1504/ Leihitu Kapten Inf Dede Ruhiat, Kapolsek Leihitu IPTU Djafar Lessy SE, Wakapolsek Leihitu IPDA Ladjamudin, Komandan Banser(NU) Maluku, Juhri Wael, Ketua LVRI (Legium Veteran Republik Indonesia), Para Veteran, Raja -Raja Se-Jazirah Leihitu, FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia), PPM (Pemuda Panca Marga),” ungkap Perwira Pertama Polri berpangkat Inspektur Polisi Satu itu.

Lanjutnya, upacara peringatan 68 tahun pengibaran bendera merah putih di Jazirah Leihitu tersebut juga melibatakan personil TNI dan Polri, yaitu, 1 SST TNI-AD Korsik Anjendam, 1 SSR TNI-AD kodim 1504/Ambon, 1 SSR TNI-AD Satgas Yonif Raider 515, 1 SSR TNI-AU Lanud Pattimura, 1 SSR TNI-AL Lantamal IX Ambon, 1 SSR Brimobda Maluku, 1 SSR Polsek Leihitu, 1 SSR PPM, 2 SST Veteran.

Gubernur Maluku dalam arahan tertulis yang dibacakan oleh Asisten II Gubernur Maluku, Halim Datis,selaku inspektur upacara, mengatakan, sebagai peristiwa heroik pengibaran bendera merah putih yang terjadi pada tanggal 27 Desember 1949, di Kecamatan Leihitu tepatnya di Negeri Hitumessing merupakan sebuah peristiwa bersejarah yang patut di kenang bersama terlebih sebagai generasi muda yang menghirup udara kemerdekaan dan bebas dari penjajah.

” Dengan momen penaikan bendera ini menjadi nilai nasionalisme dan patriotisme kembali di wujudkan bagi diseluruh lapisan generasi muda yang ada di Jazirah Leihitu untuk terus mengenang moment bersejarah tersebut,” ungkap Halim Datis.

Rangkaian kegiatan upacara peringatan ke 68 pengibaran bendera merah putih pertama di Jazirah Leihitu ditutup dengan melakukan foto bersama di depan teras rumah Raja Hitu Messing dengan memegang Bendera Merah Putih yang menjadi pusaka Negeri Hitumessing. (IN-07).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com