Maluku Tenggara

Menuju Pilkada 2018, KPU Malra Adakan Bimtek 

25474456_457888731272202_1413197906_o

Malra, Maluku – Dalam rangka mempersiapkan pesta demokrasi pemilihan umum Kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Maluku tenggara (Malra), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Malra mengadakan Bimbingan teknis (Bimtek) dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Pemilihan Umum Divisi Teknis KPU RI dan KPU Provinsi Maluku. Pelaksanaan berlangsung di Ballrom Grand Villia Hotel Langgur, Minggu (17/12/2017).

Koordinator KPU RI, Divisi Teknis Penyelenggara , Ilham Saputra, Ketua KPU Provinsi Maluku M. Rifan Kubangun, Komisioner KPU Provinsi Maluku Hanafi Renwarin, dan Ketua KPUD Malra Engelbertus H Dumatubun selaku moderator pada kegiatan Bimbingan teknis dibagi dalam tiga sesi, dengan pemaparan ketentuan yang krusial pada Proses Pencalonan Pilkada 2018 dengan tahapan persiapan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati.

Mulai dari persyaratan, syarat pencalonan dan syarat calon diisi oleh ketiga narasumber sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Yang Kemudian dilanjutkan tanya jawab oleh peserta bimtek, beberapa pertanyaan dilontarkan oleh peserta sehingga diskusi cukup menarik.

Ketua KPUD Kabupaten Malra selaku moderator berperan aktif dalam sesi tanya jawab itu. Tujuan dari kegiatan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan informasi kepada partai politik dan instansi-instansi terkait dalam rangka Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2018.

Peserta Bimbingan Teknis Pencalonan berasal dari Partai Politik peserta Pemilu dan instansi terkait dalam proses pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2018. Biaya kegiatan Bimbingan Teknis Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara, dibebankan pada Dana Hibah Pilkada Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Malra.

Sementara itu, mewakili Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, Bernadus Rettob (Assisten III) menyatakan, Bimbingan Teknis ini merupakan bentuk dari komitmen, dan sekaligus sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Pemilihan Umum Kepala daerah yang berkualitas, tepat proses dan tepat hasil untuk selanjutnya melahirkan Kepala Daerah yang juga berkualitas.

“Atas nama pemerintah daerah dan warga masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, kepada komisioner KPU Pusat, KPUD Provinsi Maluku serta KPUD Maluku Tenggara, atas terselenggaranya bimtek ini. Hakekatnya, melalui bimtek ini, yang mana turut serta hadir, perwakilan dari unsur penyelenggara, teman-teman partai politik, aparat keamanan dan pemerintah daerah, sangat diharapkan dapat semakin membuka wawasan berpikir serta dengan demikian akan menambah pengetahuan kita sekalian akan instrument-instrumen yang mengatur segala proses politik yang akan kita hadapi,” Ungkap Bernadus. (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com