Maluku

Mabes Polri Pantau Pengamanan Operasi Lilin Di Ambon

Mabes POLRI

Ambon, Maluku- Peningkatan kesiap-siagaan Polri dalam pengamanan momentum keagamaan,  perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, sebagaimana pertintah langsung Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Muhammad Tito Karnavian dalam Operasi Lilin tahun 2017, terus dilakukan oleh Polda Maluku beserta jajaran Polres P.Ambon dan P.P.Lease dengan melakukan upacara pergeseran pasukan untuk ditempatkan pada 32 pos pelayanan dan 2 pos pelayanan utama yang ada di Maluku.

Pengamanan Operasi Lilin Siwalima sebagai sandi pengaman Polda Maluku  dengan mengerahkan secara keseluruhan  3000 personil Polda Maluku untuk mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru di setiap daerah Maluku. Untuk itulah melalui amanat langsung Kapolri, pengamanan Operasi Lilin Siwalima 2017 yang dilakukan oleh Polda Maluku beserta jajarannya, mendapat supervisi dan pengecekan kesiap- siagaan personil Pengamanan Polda Maluku dalam Operasi Lilin Siwalima yang dipantau langsung oleh utusan Perwakilan Mabes Polri yang diwakili oleh Kepala Biro Perbekalan Umum Mabes Polri Brigjen Pol Sartono Budi Nugroho.

Brigjen Pol Sartono Budi Nugroho yang didampingi oleh oleh Kabid Humas Polda Maluku AKBP Muhamda Roem Ohirat beserta  Kapolres P.Ambon dan P.P. Lease, AKBP Sutrisna Hadi Santoso, kepada Wartawan di Mapolres P.Ambon dan P.P Lease,  (22/12/2017), menjelaskan, pengaman Operasi Lilin Siwalima yang dilakukan oleh Polda Maluku dan jajarannya sebagaimana perintah langsung dari Kapolri yaitu dengan melaksanakan supervisi dalam rangka Operasi Lilin tahun 2017 yang dilakukan oleh Polri dalam mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang dilaksanakan diseluruh Indonesia.

“ Untuk memastikan persiapan dan kesiapan mulai dari perencanaan  dan pengendalian berlangsungnya Operasi Lilin pada setiap posko-posko pengamanan minimal peralatan-peralatan, kesiapan personil, kesiapan materil yang digunakan dalam rangka menjalankan operasi kemanusiaan pengaman Natal 2017 dan tahun Baru 2018 yang dilakukan oleh Polda Maluku,”tutur Jenderal berpangkat satu bintang emas dipundaknya itu.

Dirinya mengatakan, untuk pengamanan Operasi Lilin yang dilakukan oleh Polri dengan melakukan pemeriksaan secara langsung Logistik yang dikirim oleh Mabes Polri pada setiap Polda-Polda yang ada di Indonesia dalam pengamanan Operasi Lilin tahun 2017.

“Dalam peninjauan langsung ke pos-pos pengamanan lilin tahun 2017 yang ada di lingkup  kerja Polda Maluku, selaku perwakilan Mabes Polri, saya bersama Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Deden Juhara dan Waka Polda Maluku Brigjen Pol Daniel Pasaribu akan mengunjungi secara langsung pos-pos pengamanan yang ada di setiap Polres-Polres yang ada di Polda Maluku berupa pengecekan administrasi, personil, serta setiap pleton yang ada di pos-pos pengamanan,” Ungkap Brigjen Pol Sartono Budi Nugroho

Selain itu menepis pertanyaan miring dari Wartawan mengenai isu kerawanan keamanan di Maluku sesuai dengan pengamatan Intelejen Mabes Polri ,Jenderal bintang satu  itu menjelaskan, sebelum melakukan Operasi Lilin Tahun 2017, Polri tidak hanya bekerja sendiri melainkan juga melibatkan TNI dan Instansi lainya. Hal ini dilakukan Polri  untuk mengantisipasi setiap permasalahan-permasalah seperti aksi teror dan tindakan-tindakan kejahatan, yang terjadi dalam perayaan Natal dan Tahun  Baru.

“ Tentunya untuk mengantispasi masalah-masalah tersebut kebijakannya berpulang kepada setiap Polda-Polda yang ada di seluruh Indonesia, untuk mempersiapkan personil-personilnya dalam Operasi Lilin tahun 2017,” Tandasnya. (IN-07).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top