Politik

KPU Kedepankan Trilogi Transparansi

acara peluncuran

AMBON,MALUKU – Melalui arahannya, Wahyu Setiawan salah satu Komisioner KPU RI yang ketuai bidang sosialisasi,pendidikan pemilih dan pengembangan SDM mengemukakan,KPU RI beserta jajaranya memiliki komitmen yang kuat untuk mengedepankan trilogi transparansi.Diantaranya,transparansi anggaran,transparansi proses pilkada dan transparansi hasil pilkada.

“Kami memiliki komitmen kedepankan trilogi transparansi. Pertama, transparansi anggaran.Jadi publik atau rakyat Maluku harus tahu berapa anggaran yang dikeloka oleh KPU provinsi Maluku dalan menyelenggarakan Pilgub.Ini penting ,karena bagian dari transparansi anggaran .Kedua, transparansi proses pilkada.Masyarakat dan semua pihak harus tahu apa yang terjadi, selama proses pilkada.Ketiga, transparansi hasil pilkada.Masyarakat harus tahu dengan cepat,aturan bagaimana hasil pilkada tahun 2018,”beber Setiawan,disela-sela acara peluncuran pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Maluku tahun 2018,di Ballroom Maluku City Mall (MCM),Sabtu (02/12/2017).

Menurutnya,trilogi tersebut yang selalu menjadi poin-poin utama kinerja KPU.Dirinya menerangkan,Di indonesia ada 171 daerah yang menyelenggarakan pilkada,dan dari total yang ada termasuk tiga daerah di Provinsi Maluku.Yakni,Pilgub Maluku,Pilkada Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Sementara itu,Ketua KPU Maluku terpilih Rivay Kubangun katakan bahwa peluncuran pilgub sudah diluncurkan dan KPU Maluku sudah menerbitkan SK berkaitan dengan pedoman teknis, tahapan program dan jadwal yg berkaitan dengan tahapan persiapan .

“KPU Provinsi Maluku telah menyusun rancangan anggaran yang kemudian dituangkan dalam naskah hibah daerah yang telah di tandatangani oleh almarhum Ketua KPU Maluku sebelumnya Bapak Musa Toekan dengan totalnya adalah Rp.200 milyar.Ini penting untuk kita sampaikan ke publik, bahwa transparansi itu penting berkaitan dengan anggaran,”jelas Kubangun.

Dirinya merincikan,tahun 2017 ada sekitar Rp.32 milyar dan 2018 sekitar Rp. 168 milyar.

“Hari ini adalah bagian momentum KPU melaksanakan tahapan persiapan, yang disosialisasikan kepada masyarakat berkaitan dengan peluncuran .Tahapan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, sebagai penanda bahwa pemilihan gubernur dan wakil gubernur, kita siap melaksanakan dan publik akan tahu dan disebarluaskan diseantero bumi raja-raja,”ujarnya.

Sebelumnya sebagai awal ,Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan oleh Maritje Lopulalan,selaku Assisten II disebutkan,pentahapan KPU menjadi satu poin kerja bersama baik oleh KPU Dan Bawaslu beserta seluruh jajaran dibawahnya, termasuk pihak Kepolisian sebagai pengendali keamanan bahkan parpol, Pemda dan seluruh komponen masyarakat di 11 Kabupaten/ kota se Maluku.

Menurutnya,kita semua pasti menginginkan Pilkada langsung dengan sukses. Karena itu, persiapan harus dilakukan secara baik. Perencanaan yang tepat diikuti dengan pelaksanaan konsisten, akan memberikan Hasil maksimal.

“Saya berharap, KPU Dan Bawasluv terus Belajar Banyak Dari pengalaman Pilkada-pilkada sebelumnya,”ingatnya. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top