Maluku Tengah

KMP Dolosi Pelayaran Perdana Di Malteng

KMP DOLONDA

MASOHI,MALUKU- Peluncuran dan Pelayaran perdana Kapal Motor Ferry DOLOSI di pelabuhan Ferry Pantai Ina Marina Masohi,(15/12/ 2017) dihadiri oleh unsur Forkopimda, pimpinan SKPD lingkup Pemda Malteng , mendapat tanggapan dan apresiasi positif dari masyarakat di kabupaten Maluku Tengah.

Pantauan INTIM NEWS, kehadiran KMP DOLOSI ini merupakan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Malteng melalui Dinas Perhubungan setempat yang di pimpin M. Nafis Amahoru,SH. MAP ,guna mengatasi beberapa daerah yang terisolir dari perhubungan laut.

Bupati Malteng Tuasikal Abua,SH dalam sambutannya pada acara peluncuran dan pelayaran perdana KMP DOLOSI yang di bacakan Plt Sekda Malteng DR. Rakib Sahubawa, MSi mengatakan , pengresmian peluncuran dan pelayaran perdana KMP DOLOSI merupakan upaya pemerintah daerah Malteng untuk melayani masyarakat di bidang penyeberangan laut antar pulau terutama dari pelabuhan Ferry Ina Marina Masohi menuju pelabuhan Ferry Hunimua negeri Liang, Kecamatan Salahutu.

Menurut Bupati,pelayaran perdana merupakan upaya Pemda di bidang jasa pelayaran laut yang kemudian di setujui oleh Kementerian Perhubungan RI terhadap berbagai keluhan dan keinginan masyarakat di bumi Pamahanunusa untuk mempermudah masyarakat di bidang jasa pelayaran laut secara mudah, murah dan memadai.

“Beroperasinya KMP DOLOSI saat ini maka di pastikan akan menunjang berbagai aktifitas dan interaksi masyarakat baik dari kabupaten Maluku Tengah dengan masyarakat yang ada di pulau Ambon,”ucapnya.

Menurutnya, kebutuhan pelayaran masyarakat melalui jalur laut mulai terpenuhi. Kalau kemudahan semacam ini akan pasti menjawab tantangan kebutuhan ekonomi masyarakat, mudahnya pelayanan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat pada umunya yang ada di bumi Pamahanunusa.

“Selama ini masyarakat Malteng yang ingin bepergian dengan menggunakan kendaraan, harus menempuh jarak yang cukup jauh dan waktu yang cukup lama melalui penyeberangan dermaga Perry Waipirit Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan kost biaya yang cukup besar,”terangnya.

Namun sambungnya, kehadiran KMP DOLOSI di kota Masohi saat ini, akan mempermudah dan memangkas waktu perjalanan serta biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat bahkan akan mampu meminimal resiko terjadinya kecelakaan selama di jalan raya.

Tuasikal yakin dan optimis, kalau masyarakat di Malteng akan menerima dengan gembira upaya penyeberangan KMP DOLOSI yang telah di upayakan oleh pemda melalui Dinas Perhubungan.

“Saya menyadari kalau jasa pelayanan saat ini masih satu unit sehingga masih belum mampu melayani masyarakat seutuhnya,” akui Tuasikal sambil membenarkan kalau penggunaan jasa pelayaran semacam ini mulai banyak dan meningkat maka pemda Malteng akan melakukan penambahan armada penyeberangan guna menjawab permintaan msyarakat sekaligus menjawab kepuasan dan keinginan masyarakat tersebut.

Sementara itu, dirinya (Tuasikal) sangat mengharapkan agar penyelenggara angkutan penyeberangan terutama kepada pimpinan dan jajaran ASDP untuk dapat mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang selama penyeberangan berlangsung. (IN 18)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top