Seram Bagian Barat

Kelompok Masyarakat Pasinalo Tuntut Plt. Kades Dicopot

AUR Pasinalo

SBB, Maluku- Masyarakat Desa Pasinalo, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Jumat (29/12/2017) sekitar Pukul 10.30 WIT, Depan Kantor Bupati SBB, Ds. Morekau Kec. Seram Barat Kab. SBB, berunjuk rasa menolak dan miminta Bupati mencopot Plt Desa Pasinalo, Hans Edison Katue (PNS Kecamatan Taniwel).

Unjuk rasa penolakan Plt Kades Pasinalo yang diikuti oleh sekitar 100 Orang itu dilakukan pasalnya, selama kepemimpinannya sekitar 2 tahun, yang bersangkutan dianggap jarang hadir di Desa, dan disinyalir menyelewengkan ADD dan DD. Elton Ahiyate Koorlap aksi dalam unjuk rasa, dengan koarnya meminta kepada Bupati agar mempertimbangkan kembali keputusan Bupati.

AUR Pasinalo 2

Peserta yang hadir dengan atribut aksi berupa panduk dengan tulisan “Masyarakat Pasinalo menagih janji Bupati”, “Segera Copot Pejabat Kepala Desa Pasinalo Hans Edison Latue”.

Masyarakat mempertanyakan anggaran dana desa yang diduga diselewengkan oleh yang bersangkutan,semisal pajak DD dengan total 30 juta rupiah.

“ Bina MCK untuk masyarakat didaerah gunung Desa kami, dimana dana Desa 30.000.000,- tahun 2016 yang kau amankan untuk pajak. Dimana SK Kaur dan Seksi yang kau bayar tunjangan dari dana desa, kenapa APBD 2017 tidak sesuai hasil Musrenbang desa. Dimana Rp. 30.000.000, – yg kau ambil dr pihak ke tiga yang kau tunjuk untuk pembangunan Balai Desa. Mana lampu lampu jalan yang kau bilang akan didatangkan dari Surabaya, “ teriak para peserta aksi.

Para peserta aksi dalam tuntutannya meminta, Bupati SBB H.M. Yasin Payapo segera mencopot Pejabat Desa Pasinalo, Hans Edison Latue, segera periksa Pejabat Desa Pasinalo karena disinyalir menyelewengkan Dana ADD dan DD, kembalikan dana desa yang diambil untuk kepentingan pribadi, dan menolak perpanjangan pejabat kepala desa Pasinalo.

Menanggapi aksi unjuk rasa masyarakat desa Pasinalo, sekitar Pukul 13.00 WIT, Pemda SBB yang diwakili oleh Drs Polly Charles Pical (Asisten I) menemui para demonstran, dan memberikan tanggapan dari Aspirasi masyarakat Pasinalo.
Dirinya mengatakan, menghargai aspirasi masyarakat Pasinalo, dan akan mengakomodir seluruh tuntutan yang telah disampaikan.

Baginya, Pemda SBB Pro rakyat, olehnya itu sebagai perpanjangan tangan dari Bupati SBB, apa yang disampaikan dan diharapkan masyarakat Pasinalo akan disampiakan ke Bupati. Pihaknya mengaku telah Menerima laporan dari masyarakat terkait pelanggaran ADD yang dilakukan oleh Plt kades Pasinalo.

“Pada Minggu pertama Bulan Januari 2018 akan mengevaluasi Kinerja pejabat Pasinalo dan memanggil yang bersangkutan untuk diperiksa. Siapa saja yang mengganti Pejabat Pasinalo Murni melalui proses administrasi, ditunjuk PNS yang memiliki kemampuan, tanpa ada muatan politik, diharapkan masyarakat percaya kepada Pemda akan memberikan pejabat yang terbaik, “ Tandasnya.

Setelah Mendengar tanggapan Asisten 1 Setda SBB, Masyarakat langsung membubarkan diri, memberikan kepercayaan kepada Pemda SBB hingga Pejabat kades Pasinalo di copot dari jabatannya. (IN-14/JESSY)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top