Papua

Gubernur Papua Geram, 797 Botol Miras Dikirim Gunakan Pesawat Milik TNI-AU

gyrr

Jayapura, Papua – Gubernur Papua, Lukas Enembe geram dengan adanya pengiriman Minuman Keras (Miras) berjenis Vodka yang menggunakan Pesawat Cargo Herceules Milik TNI-AU sebanyak 797 botol Miras belum lama ini di Jayawijaya, Papua.

“Saya sangat geram sekali dengan pengiriman Miras yang menggunakan pesawat Hercules milik TNI-AU lagi. Apakah pihak ketiga yang bermain atau siapa,” kata Lukas, disela-sela Upacara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, Selasa, (12/12/17) di Sasana Krida, kantor Gubenur Papua.

Menurutnya, Orang Asli Papua sudah cukup banyak yang meninggal akibat Miras yang bekepanjangan. Padahal, dirinya sudah melarang keras Miras di tanah Papua.

“Sudah cukup banyak OAP mati banyak, jadi stop sudah mengirim Miras di Papua. Orang Papua bukan identic dengan Miras,” imbuhnya.

Dirinya memberikan apresiasi kepada bupati Jayapura Kota yang sudah cukup menegakan kebijakan pelarangan Miras.

“Kita bisa lihat satu konteiner besar yang memuat Miras dan membawa kembali ke Surabaya ini langka yang baik dilakukan bupati Jayapura kota,” jelasnya.

Menurutnya, dengan dilantiknya bupati dan wakil bupati, agar orang Asli Papua diproteksi dengan mengutamakan penetapan pelarangan miras di masing-masing daerah pemerintahannya.

“Kita perlu tegas dalam peraturan dalam jaluar transportasi, baik laut dan udara,”katanya.

Sebelumnya, seperti yang dilansir dari salah satu media edisi, (29/11/2017), Danlanud Jayapura, Kol (P) Yani Amirullah, mengungkapkan, berita adanya penyelundupan Miras melalui Pesawat Herecules TNI AU dari Merauke ke Wamena yang dilakukan oleh warga sangat merugikan nama baik TNI AU.

Selain itu, Polsek Kawasan Bandara Wamena mengamankan 797 botol Miras jenis Vodka yang diselundupkan dengan modus dikemas di dalam 32 ember cat. Miras itu diselundupkan ke wilayah pegunungan tengah, Papua dengan menggunakan pesawat cargo Hercules milik TNI-AU. (IN-22)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com