Militer

Gelar Coffe Morning, Pangdam XVI/Pattimura Himbau Pers Maluku jadi Mitra Kodam

25593014_1705595886130358_1996146719_o

Ambon, Maluku – Coffe morning Pangdam XVI/ Pattimura bersama insan Pers, Rabu (20/12/2017), berlangsung di aula Makodam XVI/Pattimura. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Danrindam XVI/Pattimura, Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Pa Ahli Pangdam XVI/Pattimura, Pembina PWI Maluku Max Apono, Kelompok Igaras, mantan kelompok simpatisan FK RMS, dan 10 orang warga Kudamati tukang ojek mitra Kodim.

Sedangkan Insan Pers yang hadir dalam kegiatan coffe morning tersebut diantaranya, Intim News, inews TV, Media Antara, Metro TV, SCTV, TVRI, Molucas TV, Ambon ekspres, Spektrum, Cahaya Nusantara, Maluku Ekspos, Suara Maluku, Radio DMS, Rakyat Maluku, Raya Pos.

Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, menjelaskan kegiatan coffe morning yang dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura dengan Insan Pers yang ada di Maluku, bertujuan untuk memelihara silaturahmi dan diskusi bersama mengenai perkembangan informasi yang ada di Maluku sebagai mitra dan kerja dari Kodam XVI/Pattimura.

“Di Maluku setiap hari mulai menunjukan suasana yang baik dan kondusif, hal ini tidak terlepas dari peran media yang sangat besar. Peranan insan pers inilah yang membuat masyarakat sudah gemar membaca sehingga lewat media mereka lebih paham tentang perkembangan baik di dalam maupun luar negeri,” ucap Jenderal berpangkat dua bingang emas dipundaknya itu.

Jenderal berbintang dua itu, mengatakan peran media merupakan suatu pembelajaran yang cukup luar biasa, ini merupakan suatu kepedulian dalam proses pembangunan secara utuh di Negara dan khususnya di Maluku.

“Terkait dengan masalah kesehatan, masyarakat silakan berobat kemana saja. Selain itu terkait dengan masalah pendidikan siapapun juga dapat membantu meningkatkan pendidikan, demikian juga saya telah menginstruksikan kepada para Babinsa agar dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pendidikan di setiap sekolah yang ada di Maluku,” tutur Mayjen TNI Suko Pranoto.

Lanjutnya, terkait dengan program emas biru dan emas hijau yang telah digalahkan oleh Mayjen TNI Doni Monardo (mantan Pangdam XV/ Pattimura), selaku Pangdam yang baru dirinya terus mengembangkan program emas biru dan emas hijau yang tentunya tidak terlepas pisahkan dari adanya peranan dari media yang adalah mitra dari Kodam XVI/Pattimura.

“Peranan media yang sangat membantu memberitakan fakta baik buruknya TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura. Saya sangat berterima kasih dan dapat menjadi motivasi bagi TNI. Inilah peran rekan-rekan media, yang terus membantu Kodam XVI/Pattimura dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan dari Kodam XVI/Pattimura untuk diketahui oleh masyarakat. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan marilah kita bekerja bukan hanya kepada satu lembaga saja namun untuk semuanya,” Terangnya.

25590409_1705598339463446_459579681_oDitambahkannya, tahun 2018 nanti ada pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati di wilayah Maluku, selaku Panglima Kodam XVI/Pattimura, dirinya menekankan soal netralisasi jajaran Kodam XVI/Pattimura dalam pelaksanaan Pilkada di beberapa wilayah di Maluku.

“Tidak ada kata lain yang saya sampaikan hanyalah Netral dalam kondisi apapun Netralitas TNI tetap dijaga. Masyarakat sudah lebih dewasa dalam memilih, silakan memilih sesuai hati nurani dan peran media dapt memberikan semangat. TNI siap mensukseskan Pilkada dan siapapun yang terpilih dapat memberikan berkah bagi Maluku. Rekan-rekan media dari Mitra Kodam XVI/Pattimura meskipun hanya sebagai objek dapat membantu ketentraman di masyarakat. Saya selaku Pejabat Kodam XVI Pattimura yang baru bertugas di Maluku, saya ingin mengenal rekan-rekan media lebih dekat lagi, dan apabila ada kritikan, saya siap menerimanya asalkan dapat membangun TNI,” Ucapnya.

Disisi lain, menepis pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pihak insan Pers dan perwakilan masyarakat Mitra Kodam XVI/Pattimura, terkait dengan analisis intelejen berkaitan dengan tingkat kerawanan di Maluku jelang Pilkada 2018 mendatang, Mayjen TNI Suko Pranoto, mengungkapkan penyeimbang kehidupan masyarakat adalah insan Pers.

“Apa yg telah dilakukan Mayjen TNI Doni Monardo (Mantan Pangdam XVI/Pattimura), melalui program emas biru dan emas hijau, kami tetap kembangkan kedepan. Selain itu kedepan kami merencanakan membuat kampung nemo (ikan hias). Selain pembudidaayan ikan hias (Nemo) sebagai penjabaran dari emas biru dari Kodam XVI/Pattimura, pihak Kodam XVI/Pattimura juga melakukan serbuan teritorial melalui pemberian bantuan kapal bagi para Nelayan yang ada di Desa Mamala dan Morela serta pembangunan beberapa rumah warga yang dilakukan oleh Kodam XVI /Pattimura dalam menyongsong peringatan hari juang Kartika,” Tandasnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top