Militer

Babinsa, Garda Depan TNI di Desa

Babinsa

Bobong, Maluku Utara – Kiprah Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa memang sudah tidak diragukan lagi, sudah menjadi kewajiban keberadaan seorang Babinsa di tengah-tengah warga sudah mampu memberikan dampak positif dan sebisa mungkin mempelopori usaha-usaha dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya.

Babinsa 2

Seperti halnya di Taliabu, dimana Kabupaten yang baru dimekarkan tersebut merupakan wilayah teritorial Kodim 1509/Labuha yang memiliki perpanjangan tangan yaitu Koramil 1509-03/Bobong dibawah pimpinan Mayor Inf Poniman senantiasa memberikan arahan kepada anak buahnya yang tersebar di seluruh pelosok Taliabu untuk hadir ditengah-tengah warga. Sehingga keberadaan TNI akan sangat terasa manfaatnya bagi kepentingan masyarakat.

Seluruh Babinsa di Kabupaten Taliabu melaksanakan arahan dari Danramil, selalu berbaur dengan masyarakat baik pada saat kegiatan kerja bhakti, keagamaan atau bahkan hanya untuk ngobrol mendengar keluh kesah warga masyarakat di Desa binaannya sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat sangat terasa di wilayah Kab. Pulau Taliabu.

Babinsa3

Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo, Kamis (28/12/2017) menyampaikan, wilayah teritorial Kodim 1509/Labuha sendiri meliputi Halmahera Selatan, Kab. Kep. Sula hingga ke Kab. Pulau Taliabu. Dalam melaksanakan tugasnya, Dandim dibantu oleh Koramil jajaran yang tersebar di wilayah tersebut, Dengan begitu luasnya wilayah, berbanding terbalik dengan jumlah personel yang sangat terbatas.

Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat TNI untuk terus berbuat yang terbaik bagi Negeri.
Perpanjangan kehadiran TNI terealisasi dengan keberadaan Babinsa, olehnya itu bagi Dandim, Babinsa harus mengambil peran penting dalam sebuah pemberdayaan masyarakat Desa. (IN-01/PNM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top