Maluku

Aksi Bersih Pantai Pulau Pombo

komunitas bersih pantai ambon

Ambon,Maluku- Komunitas lari Indorunners Ambon menggelar aksi bersih lingkungan. Pantai Pulau Pombo, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, merupakan salah satu lokasi yang dijadikan sebagai lokasi aksi bersih pada Minggu (10/12/2017).

Aksi bersih lingkungan ini adalah bentuk kepedulian Indorunners Ambon terhadap lingkungan disekitar, mengingat pulau Pombo merupakan pulau tidak berpenghuni yang menjadi “tempat sampah” laut Seram dan sekitarnya.

Koordinator Indorrunners Ambon, Ari Yusuf mengatakan, aksi bersih pantai yang diikuti 40 member indorunners Ambon, merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar. Sebelumnya komunitas yang baru berusia dua tahun ini, sudah pernah melakukan aksi serupa di Pantai Wayame Kota Ambon.

“Kita sudah pernah menggelar aksi bersih pantai Wayame. Namun dalam scope yang kecil. Aksi itu juga mendapat respon positif dari warga sekitar,” ujarnya.

Dipilihnya pantai sebagai sasaran lokasi pembersihan, karena pantai sering terabaikan dari jangkauan petugas kebersihan. Aksi ini juga diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta tidak membuang sampah di laut.

“Dengan aksi yang kita lakukan ini, kita berharap masyarakat semakin sadar untuk tidak buang sampah di laut. Apalagi Pulau Pombo, karena letaknya berada di tengah laut ibarat menjadi tempat sampah besar. Pulau ini juga menjadi tempat wisata, kalau wisatawan nyaman datang kesini, kebersihannya juga harus dijaga,” pintanya.

Ia menyarankan agar pemerintah setempat dapat menyediakan tempat sampah di pulau Pombo, sehingga pengunjung tidak membuang sampah sembarangan di pulau tersebut. Karena tempat sampah yang ada saat ini jumlahnya masih sedikit.

Aksi bersih pantai pulau pombo mendapat dukungan dari Bank Indonesia perwakilan Maluku lewat program sosial bank indonesia (PSBI).  Ari berharap, kedepan akan semakin banyak komunitas muda Kota Ambon, yang turut berperan menjaga kebersihan lingkungan. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top