Seram Bagian Timur

Tim Nusantara Sehat Bantu Pelayanan Kesehatan Di Amarsekaru

SBT

Amarsekaru

Bula,Maluku- Kehadiran tenaga medis dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (RI) lewat program nusantara sehat di Puskemas perawatan Amarsekaru kecamatan pulau Gorom kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sangat membantu pelayanan kesehatan bagi warga setempat.

Meskipun tanpa tenaga dokter namun pelayanan kesehatan yang diberikan tim medis nusantara sehat kepada warga dipulau Amarsekaru dirasa cukup baik. Hal ini diakui kepala Puskesmas perawatan Amarsekaru, Ny. Nur Paiga kepada wartawan di Bula, Jumat, (16/11/2017).

“Mereka kerja bagus, kerja tim bagus untuk layani masyarakat, saya akui cara kerja mereka (tim Nusantara sehat) “ungkap dia.

Kata dia, meskipun bertugas di Puskemas perawatan Amarsekaru namun setiap bulan tim ini bersama tenaga medis lain yang bertugas Puskesmas setempat selalu menyambangi sejumlah Pustu yang ada diwilayah itu. Ini dilakukan untuk melalukan pemeriksaan kesehatan bagi warga setempat.

“Biar mereka tugas dipuskesmas tapi setiap sebulan sekali bersama kami mengontrol ke Pustu Loko, Matlean dan Wawasa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang membutuhkan layanan kesehatan, “katanya.

Selain di Puskemas Perawatan Amarsekaru, Kementrian Kesehatan RI juga memberikan bantuan tenaga medis melalui program Nusantara Sehat kepada dua Puskemas lain dikabupaten SBT yakni Puskesmas Teor dan Puskesmas Air Kasar.

Setiap tim terdiri dari 6 tenaga medis dengan kualifikasi ilmu kesehatan berbeda-beda yakni apoteker, perawat, bidan, kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat dan analis.

Serah Terima Tim Nusantara Sehat Batch 6 Tahun 2017 dari kementrian Kesehatan RI kepada Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur dilakukan pada bulan Mei 2017 lalu. Tim ini memiliki masa kerja hanya 2 tahun, terhitung dari tahun 2017 sampai dengan 2019 mendatang.

Nur berharap, Pemerintah daerah dapat mengupayakan untuk tim medis nusantara sehat dapat dipertahankan untuk bertugas diwilayah itu hingga 5 sampai 10 tahun mendatang. Ini lantaran kinerja tim medis ini cukup bagus dan sangat membantu warga setempat.

“Mudah-mudahan ada upaya untuk mereka tetap dipertahankan bertugas disana, karna masa tugas mereka hanya sampai tahun 2019 saja. Beta (saya) suka dong pung cara kerja, paling bagus, “ungkap Nur. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com