Seram Bagian Timur

Tianotak Pimpin Upacara HGN dan HUT PGRI Ke-72 di Teluk Waru

SBT

Upacara

Bula,Maluku-Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-72 tahun 2017 yang digelar didesa Waru, Kecamatan Teluk Waru, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Kegiatan upacara yang diikuti oleh ratusan siswa dan siswi serta guru yang ada dikecamatan Teluk Waru itu dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Teluk Waru. Kepala SMK Negeri Waru, Abdurrahman Tianotak.

Dalam sambutannya saat membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhajir Efendi mengatakan, sangat berterima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada para guru yang telah berdedikasi untuk mencerdaskan generasi bangsa.

“Pada kesempatan ini kami turut serta mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru-guru dan tenaga kependidikan disini dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, “ungkapnya.

Kata Tianotak, Tema peringatan hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI yang ke-72 ini adalah “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter”.

“Sesuai dengan tema pada Hari Guru tahun ini, marilah kita semua sebagai guru dalam mendidik siswa di sekolah harus menerapkan asas disiplin dan menjadi seorang guru/pendidik yang mempunyai prilaku baik sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didiknya. Guru adalah seorang panutan bagi siswanya baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Berarti apapun yang dikatakan oleh seorang guru pasti akan dipercaya oleh muridnya, dan apapun yang lakukan oleh guru dalam mendidik pasti akan diikuti juga oleh muridnya, “ujarnya.

Dikatakan, tanggal 25 November 2017 ini Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) genap berusia 72 tahun. Di usia yang cukup matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. Sebab, dalam kurun waktu tersebut, banyak pengabdian yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara.

“Banyak aktivitas yang telah dilaksanakan, banyak perjuangan yang telah dikerjakan, banyak kegiatan perlindungan terhadap anggota yang telah diberikan. Di samping itu, telah juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan, dan kendala yang telah dihadapinya, “Katanya.

Menteri katakan, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini akan diadakan sejumlah kegiatan. Melalui kegiatan di berbagai tingkat dan jenjang itu diharapkan mampu meningkatkan eksistensi PGRI dan menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi, serta membangun solidaritas dan kesetiakawanan anggota.

“Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan semangat anggota dan menggugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam memuliakan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, termasuk menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat. Selamat berhari Guru, harinya orang-orang mulia yang menyiapkan generasi masa depan yang Iebih cemerlang, “tutup Tianotak mengakhiri sambutan menteri. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top