Pendidikan

SMK Negeri Taniwel Budidaya Gaharu

bibit_gaharu

SBB,Maluku- Kreatif dan kerja keras yang ditunjukan oleh para dewan guru, siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Negeri Taniwel Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat. SMK Kejuruan Pertanian membudidayakan gaharu dengan memproduksikan buah gaharu yang diambil dari induk pohon gaharu.

Kepada Intim News, Rabu (22/11/2017), Sofia S Matital, SP, Guru SMK Negeri Taniwel mengatakan, Anakan gaharu yang dibudidayakan oleh siswa – siswi SMK dalam prosesnya berbeda dengan teknik petani local.

” Anakan gaharu yang dibudidayakan oleh siswa siswi SMK Negeri taniwel berbeda dengan budidaya yang dilakukan oleh para petani lokal yang ada di Desa, ” kata Matital.

Matital menambahkan Anakan gaharu yang dibudidayakan para siswa – siswi melalui proses yang matang dan teliti.  Jika tidak demikian, anakan gaharu ini tidak akan hidupkarena akan dirusak oleh hama (semut).

“Proses proses pembuatan budidaya anakan gaharu sehingga bisa mendapatkan anakan gaharu yang baik dan cara budidaya yang baik pula maka proses proses yang dilakukan harus sesuai pula dengan cara pengambilan benih gaharu yang berasal dari buah gaharu itu sendiri, dan disimpan selama 3 hari dikarung yang sudah disediakan, “ tuturnya.

Soal green house masih dilakukan secara manual yang terbuat dari atap daun sagu dan daun mayang kelapa. Pihaknya membutuhkan  perhatian pemerintah kabupaten dan pemerintah Provinsi Maluku. (IN -13)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top