Maluku Utara

Satgas PRCPB TNI Lakukan Evakuasi Korban Erupsi Gamalama

IMG-20171123-WA0020

Ternate, Malut – Tim Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Alam (PRCPB) Kodim 1501/Ternate, melakukan evakuasi sejumlah korban erupsi gunung berapi Gamalama yang kemudian diikuti dengan lahar dingin di Kelurahan Tubo, Kamis (23/11/2017).

Sesuai dengan realese yang diterima media ini, dalam proses evakuasi tersebut, tim menghadapi berbagai tantangan karena posisi korban yang terjepit kayu hingga hanyut terbawa lahar dingin, namun dengan profesionalisme dan perhitungan yang matang tim berhasil mengevakuasi para korban dengan berbagai upaya.

IMG-20171123-WA0019Kejadian tersebut bukanlah kejadian sebenarnya namun hanya merupakan sebuah simulasi dalam latihan penanggulangan bencana alam Kodim 1501/Ternate yang berlangsung selama 5 hari, dengan sejumlah materi yang disiapkan oleh para penyelenggara dengan target capaian agar para peserta mengetahui dan faham tahapan demi tahapan sehingga pada kejadian sebenarnya seluruh personel dapat memahami tugas dan fungsinya agar proses penanggulangan bencana khususnya evakuasi berjalan sesuai yang diharapkan dan mengeliminir jatuhnya korban jiwa yang lebih banyak.

Sementara itu dalan keterangannya Ws. Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito menyampaikan bahwa kegiatan Latgulbencal Kodim 1501/Ternate yang diselenggarakan oleh Korem 152/Babullah dilaksanakan selama 5 hari dengan sejumlah tahapan yang telah disiapkan guna melatih kesiapan dan kesigapan personel TNI dalam menghadapi segala kemungkinan bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top