Maluku

Penmas Mabes Polri Gelar Sosialisasi Antisipasi Penyebaran Brita Hoaxs Di Kalangan Anggota Polri Di Maluku

polda

Ambon,Maluku- Media itu merupakan rekan, mitra dari Kepolisian  yang merupakan satu akulturasi dengan pihak Polri, itulah kutipan  Brigjen Pol Drs Rikwanto,SH,M.Hum, Sang Jenderal Bintang Satu yang menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (PENMAS) Mabes Polri.

Sebagai salah satu Bidang yang mempelopori penyampaian informasi yang ada di Institusi Kepolisian agar diketahui oleh Masyarakat, peranan Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Humas yang ada di Polda Maluku diharapkan terus menggali sebuah perubahan.

Hal inilah yang dilakukan dalam kegiatan sosialisasi dan penerangan satuan serta peran Humas dan media sosial dalam membantu tugas-tugas Kepolisian yang dibawakan oleh Kepala Penerangan Masyarakat (PENMAS) Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto,SH,M.Hum, kepada Personil Pejabat Utama Polda Maluku beserta para Kapolres dan Wakapolres yang ada dilingkup kerja Polda Maluku, bertempat di Ruangan Rapat Utama (Rupatama), Selasa (31/10/2017).

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Deden Juhara dalam sambutannya mengatakan, dengan semakin pesat perkembangan teknologi maka saat ini terjadi perubahan yang luar biasa di mana-mana, melalui jejaringan internet mudah di gunakan, tingkat pengguna jaringan sosial sangatlah tinggi saat ini. Hal ini yangg mendorong orang berani melakukan tindakan  melawan hukum lewat media sosial. Masalah medsos saat ini menjadi isu yang sangat luas sehingga diperlukan langkah kongkrit dari pihak Kepolisian Maluku untuk mengantisipasi tindakan yangg negatif lewat media sosial.

” Saat ini hampir semua lembaga negara berlomba untuk mencara opini posistif lewat media sosial dan media cetak dan tak terkecuali Polri. Untuk itu melalui kegiatan ini mari kita simak dengan baik agar kedepan kita dapat mengkanter berita-berita negatif terhadap Polri saat ini, begitu juga berita hoax dan adu domba yang mengancam Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) yang ada di Maluku,” ungkap Jenderal berpangkat dua Bintang emas di pundaknya itu.

Dirinya berharap melalui kegiatan sosialisasi  dan penerangan satuan serta peran Humas dan media sosial yang dibawakan oleh Biro Penmas Mabes Polri dapat bermanfaat kepada anggota Polda Maluku dalam menggunakan media sosial secara baik dan benar.

” Selaku Kapolda Maluku,Saya berharap agar anggota Polda Maluku lebih jeli dalam menggunakan medsos dan mengirim info atau berita. Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa memberi bimbingan dan petunjuk kepada kita dalam menjalankan tugas Negara kepada kita selaku abdi Negara,tutur Irjen Pol Drs Deden Juhara.

Selain itu Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto,SH,M.Hum, dalam arahannya mengatakan saat ini  semua tahu bahwa posisi Polri dalam grafik tingkat kepercayaan masyarakat sudah cukup baik walaupun saat ini Polri masih di bawah TNI dan beberapa lembaga negara yang lain.

” Saat ini teknologi sudah sangat maju dan pesat, tidak ada yg bisa di tutupi lagi dari publik, beberapa kasus yang boleh di bilang hampir tidak terekspos namun karena media yang sangat canggih banyak kasus yang besar hingga yang paling kecil tereksplos ke mana-mana dan seisi dunia bisa tau,” tutur Jenderal Mabes Polri berpangkat satu bintang emas dipundaknya itu.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini untuk Divisi Humas Polri sudah cukup maju, namun saat ini teknologi sudah sangat maju dan pesat, tidak ada yg bisa di tutupi lagi dari publik. Beberapa kasus yang boleh di bilang hampir tidak terekspos namun karna media yang sangat canggih banyak kasus yang besar hingga yang paling kecil terekspos ke mana-mana dan seisi dunia bisa tau Humas di jajaran kewilayahan masi sangat lemah. Sehingga hal ini juga menjadi masalah, setiap anggota Polri selain mengemban fungsi intelijen juga mengemban fungsi kehumasan berada atau tinggal di masyarakat merupakan wajah dari pada Polri ini sendiri.

” Saat ini kerja sama Polri dengan media dan instansi terkait sudah sangat baik. Hal ini akan membuat Polri lebih profesional dan maju,” ucap Karo Penmas Mabes Polri. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top