Politik

Panwaslu Kota Ambon Bidik Tiga Parpol

Panwas Ambon

AMBON,MALUKU – Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kota Ambon akhirnya merilis tiga partai politik yang menjadi bidikan instansi pengawasan pemiluh itu. Tiga parpol tersebut diantaranya Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

“Terkait dengan putusan Bawaslu RI yang menyatakan ada sejumlah parpol yang diloloskan, maka KPU kabupaten/kota harus melakukan verifikasi terhadap parpol-parpol dimaksud. Di Ambon, ada tiga parpol yaitu PKPI, PBB dan PIKA yang harus diverifikasi,” jelas Jen Latuconsina,Ketua Panwaslu Kota Ambon, Rabu (22/11/2017) ,sembari mengulangi release yang dikeluarkan kemarin.

Dari koordinasi itu, kata Latuconsina, KPU menyatakan telah melakukan verifikasi terhadap tiga parpol itu, meskipun awalnya menurut KPU RI tidak memenuhi syarat untuk lolos pemilu. Hal itu, dilakukan untuk mengantisipasi adanya gugatan dari partai politik ke Bawaslu RI.

“Jadi menurut KPU Ambon bahwa mereka sudah verifikasi tiga parpol itu bersama sejumlah parpol lainnya,” katanya.

Tuturnya, Panwas juga telah menerima berita acara verifikasi terhadap PKPI, PBB dan PIKA. Hanya saja, untuk hasil verifikasi administrasi data keanggotaan dari tiga parpol itu apakah memenuhi syarat atau tidak, pihaknya harus berkoordinasi lebih lanjut.

“Sudah ada berita acaranya di Panwas Kota Ambon. tetapi kita juga harus mengetahui hasil verifikasi itu apakah memenuhi syarat ataukah tidak. Dalam artian bahwa apakah ada catatan yang harus diperbaiki oleh tiga parpol itu atau tidak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, proses pengawasan sendiri nantinya akan dilanjutkan ketika KPU Kota Ambon melakukan verifikasi faktual terhadap parpol. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top