Maluku Tenggara

Lomba Nembak Pistol, Rebut Piala Danlanud Dumatubun

menembak tual

Malra, Maluku – Memperingati Hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2017 lalu, Mako AURI Lanud Dominicus Dumatubun Langgur adakan Lomba Nembak Pistol dengan memperebutkan Piala Danlanud Dumatubun, Sabtu (18/11/2017).
Lomba menembak yang dilaksanakan di lapangan tembak Mako AURI Lanud Dumatubun, dengan jarak 15 meter, menggunakan senjata jenis Pistol Glock 19, Kaliber 9 mm, buatan Austria. Melibatkan para pimpinan TNI/Polri, utusan perwakilan Kota Tual dan Malra, pimpinan BUMN, BUMD, serta masyarakat sipil, dan para pewarta.
Komandan TNI Angkatan Udara Dominicus Dumatubun Langgur, Letkol Pnb Rony Widodo, kepada wartawan mengatakan bahwa kegiatan ini selainj untuk memaknai dan mengenang jasa pahlawan juga meningkatkan jiwa nasionalisme dan silaturahmi.

“ Rangkaian kegiatan mengenang jasa para pahlawan ini agar lebih dimaknai sebagai bentuk sosialisasi dan silaturahim, untuk terus memupuk rasa kebersamaan, kebangsaan serta lebih meningkatkan jiwa nasionalisme warga negara untuk lebih bersemangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, lebih khusus di kepulauan Kei,” Kata Widodo.

menembak tual 1Widodo menambahkan, selain untuk membangkitkan rasa sportifitas, dalam kebersamaan menembak sasaran, lebih kepada menguasai diri sendiri.

“Saat menembak, kita dilatih untuk menguasai diri kita, dengan harapan ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena segala sesuatu yang kita kerjakan, diperlukan ketenangan dengan mengontrol emosi diri kita sendiri,” Tuturnya.

Tujuan kegiatan ini untuk melatih mental dan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, bukan sekedar mengandalkan fisik dan senjata yang handal. Selain itu juga memerlukan mental yang prima untuk membidik dan mengendalikan senjata untuk mendapatkan hasil perkenaan yang tepat sasaran. Ujar Perwira dengan pangkat dua bunga melati dipundaknya itu.
Widodo menambahkan, Dengan melibatkan kalangan sipil dalam lomba menembak ini, telah memiliki SOP, dan didampingi para prajurit profesional, sehingga dijamin keamanan dan kenyamanan selalu terjaga.

Keluar sebagai juara dalam lomba menembak tersebut didominasi oleh prajurit TNI AU, Lanud Dumatubun dengan  Juara pertama Kapten POM Antonius Ary adalah Dansatpom Lanud Dumatubun, Kedua  Mayor Kalo L. Togu Purba adalah Kadislog Lanud Dumatubun dan  Ketiga Kapten Adm. Sonny A. adalah Kadispers Lanud Dumatubun. (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top