Lintas Maluku

Kapolri Bantah Isu Kepentingan Politik Saat Hadiri HUT Brimob di Ambon 

23599993_1664679666888647_1609430070_o
Kapolri, Jenderal Pol H.Muhammad Tito Karnavian,P.hd, saat ditemui Wartawan di halaman Mapolda Maluku, Senin (13/11/2017)

Ambon, Maluku – Perayaan HUT ke-72 Brimob Polri yang di pusat di Kota Ambon Provinsi Maluku, pada,Selasa (14/11/2017) di lokasi lapangan upacara Polda Maluku Letkol Purnawiran CH. Tahapari,Tantui Ambon,dipimpin langsung oleh Jenderal Pol H.Muhammad Tito Karnavian,P.hd selaku Inspektur Upacara (Irup).

Untuk itulah selaku Kepala Kepolisian RI yang menjadi Irup dalam pelaksanaan HUT ke-72 Brimob RI yang dilakukan di Kota Ambon, Provinsi Maluku, pemilihan Kota Ambon selaku penyelenggara pelaksanaan HUT ke-72 Brimob RI karena di anggap sebagai Kota sangat strategis dan sentral pengaman bagi wilayah-wilayah yang ada di Indonesia bagian Timur.
Hal ini disampikan Kapolri Jenderal Pol H.Muhammad Tito Karnavian,P.hd, saat ditemui Wartawan di halaman Mapolda Maluku, Senin (13/11/2017).

“ Kunjungan saya, ke Provinsi Maluku adalah untuk menghadiri upacara HUT Brimob ke-72 di Maluku. Pelaksanaan upacara HUT ke-72 Brimob RI yang sengaja dilakukan di Kota Ambon Provinsi Maluku yang biasanya dilakukan di Jakarta namun kali ini dipusatkan di Kota Ambon Provinsi Maluku bertujuan karena Ambon merupakan Kota yang sangat strategis untuk pangkalan keamanan Polri untuk memback-up wilayah-wilayah lain di Indonesia bagian timur,” tutur Jenderal Polri berpangkat 4 bintang emas di pundaknya itu.

Jenderal Polri itu juga mengatakan, selain untuk menghadiri pelaksanaan HUT ke-72 Brimob RI di Kota Ambon, dirinya berkenan berkunjung ke Polda Maluku untuk memberikan arahan secara langsung kepada jajaran Polda Maluku terkait dengan masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang berkaitan dengan isu-isu lokal maupun isu Nasional yang harus ditanggapi serius oleh jajaran Polda Maluku.

“ Kunjungan saya ke Polda Maluku adalah untuk memberikan arahan langsung kepada seluruh jajaran Polda Maluku tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang ada di Wilayah Maluku. Dalam kunjungan ini, saya juga memberikan arahan, tentang situasi Kamtibmas yang perlu ditanggapi oleh Polda Maluku baik isu lokal maupun isu nasional,” ungkap Jenderal Tito.

Selain itu, menepis pertanyaan Wartawan terkait dengan kunjungannya ke Maluku untuk kepentingan Politik salah satu kandidat Perwira Polri dalam bursa Pilkada Maluku, sang Jenderal dengan tegas mengatakan kunjungan ke Provinsi Maluku hanyalah untuk menghadiri HUT ke-72 Brimob RI dan murni tidak didasari unsur Politik.

“ Kunjungan saya ke Ambon tidak ada kepentingan Politik apapun, dan ini murni untuk kepentingan pengamanan oleh Kepolisian yang mendapat beberapa Job pengaman oleh Negara untuk memelihari situasi Kamtibmas, di wilayah Hukum Polri. Untuk diketahi buat kita semua, Kota Ambon sangat strategis bila dilihat dari struktur pemerintahan karena ada Gubernur, Walikota,Pangdam dan jajaran,Kapolda dan jajaran, Dantamal dan jajaran,Danlanud dan jajaran,yang mana dapat menjadi sebuah Pos penempatan Anggota Brimob di Kota Ambon untuk memback up wilayah-wilayah Indonesia Timur,” tegas Kapolri.

Lebih lanjut dikatakan, menanggapi persoalan isu dinamika keamanan nasional yang terjadi di Indonesia khususnya yang ada di bagian Indonesia timur terkait dengan persolan pergerakan kelompok bersenjata di lokasi Tembaga Pura Kabupaten Timika Provinsi Papua, Polri bersama dengan TNI telah melakukan langka-langkah persuasif yaitu melalui pendekatakan-pendekatan dengan tokoh-tokoh agama, tokoh adat dan toloh masyakat dalam penyelesaian konflik yang ada di tembaga pura Kabupatan Timika Provinsi Papua.

“Kita melihat bahwa ada dinamikan Papua yang relatif ada dinamika Politik dan keamanan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata serta di wilayah Maluku Utara rawan dari kelompok-kelompok teroris dari Filipina Selatan, untuk itu tempat yang paling strategis untuk melakukan pengawalan wilayah tersebut adalah Maluku bila dibandingkan dengan Maluku Utara yang daerahnya agak berjahuan,” ucap Kapolri.

Selain itu terkait dengan kelompok kriminal bersenjata yang ada di tembaga pura, Kabupaten Timika Provinsi Papua, selaku mantan Kapolda Papua yang bertugas selama 2 tahun di Papua, dirinya memahami betul soal pergerakan bersenjata diakibatkan karena faktor ekonomi, sehingga secara pendekatan kesejahteraan akan dilakukan oleh Polri dan TNI, berupa negosiasi dengan mengedepankan mencari solusi dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh adat, dan tokoh-tokoh agama tetapi juga kesiapan pasukan dari Polri dan TNI.

“Bila telah dilakukan langkah-langkah persuasif yang telah dilakukan oleh Polri dan TNI kepada masyarakat yang ada di lokasi Tembaga Pura, Kabupaten Timika, Provinsi Papua namun bila mengalami kendala, salah satu langkah tegasnya adalah Negara akan harus mengambil langkah tegas dalam rangka menegakan kembali keaman, ketertiban dan penegakan hukum di wilayah tersebut,” tandas Kapolri.

Untuk pelaksanaan HUT ke-72 Brimob Polri yang berlangsung di Kota Ambon Provinsi Maluku di lokasi lapangan upacara Polda Maluku Letkol Purn CH Tahapari, Selasa (14/11/2017) akan dihadiri oleh 20 orang jajaran Jenderal Mabes Polri dan Panglima TNI dengan nama-nama sebagai berikut, Jenderal Pol.H.Muhammad Tito Karnavia,P.hd, Kepala Koordinator Penerangan Masyarakat (Penmas Polri) Brigjen Pol Drs Rikwanto, Karo Provost Polri Brigjen Pol Drs Refdi Andri M.Si, AS SDM Polri Irjen Pol Drs Arif Sulisyanto,M.Si, Karo Jiansantra Polri Brigjen Pol Drs Wahyu Widada,M.Phil, Kepala Lembaga Pendidilan dan Pelatihan (Kalemdiklat Polri) Komjen Pol Drs Unggu Cahyono, Kabareskrim Polri Komjen Pol Drs Ari Dono, Komandan Korps (Kakor) Sabhara Polri Irjen Pol Drs Umar Septono,SH,M.Hum. Asrena Kapolri Irjen Pol Drs Bambang Sunarwibowo,SH,M.Hum, Irwil IV Irwashum Polri Brigjen Pol Drs Endang Suryadarma, Karumkit Bhayangkara TK RS Soekanto Polri, Brigjen Pol dr Didin Agus Mintadu Spjp,DFM, Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Drs Tugas Dwi Apriyanto, Wakakaba Intelk Polri Irjen Pol Drs Lucky Hermawan, Kaposkeu Polri Brigjen DR,Bambang Ghiri A, SE, Kapuslitbang Polri Brigjen Pol Drs.S. Mamodoa, Karo Pal Slog Polri Brigjen Pol Drs Widodo Eko, Mantan Kapolri Jenderal Purnawirawan Imam Soedjarwo. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantio, Ses Lemhanas RI Mayjen TNI Arif. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top